Pertemuan ASEAN Ministerial Meeting di Kamboja./AFP
Pertemuan ASEAN Ministerial Meeting di Kamboja./AFP

Indonesia Harapkan Negosiasi FTA ASEAN-Kanada Dilakukan Akhir Bulan Ini

Marcheilla Ariesta • 04 Agustus 2022 20:15
Phnom Penh: Hubungan ASEAN dengan Kanada terus berkembang ke arah yang lebih baik. Terbukti dengan adanya pembahasan mengenai ASEAN-Canada Free Trade Agreement (FTA).
 
"Sebagai ketua negosiator, Indonesia mengharapkan  bahwa putaran pertama negosiasi ASEAN-Canada Free Trade Agreement dapat dilakukan pada akhir Agustus 2022," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan ASEAN-Canada Ministerial Meeting di Phnom Penh, Kamboja, Kamis, 4 Agustus 2022.
 
FTA ini akan merupakan tonggak baru bagi kerja sama ASEAN-Kanada dan menunjukkan komitmen Kanada untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan ASEAN. Melalui FTA, diperkirakan akan terjadi peningkatan USD7,8 miliar dalam perdagangan kedua pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, selain membahas mengenai negosiasi FTA, Menlu Retno juga menyinggung pentingnya upaya memperkuat ketahanan pangan di kawasan.
 
Baca juga: ASEAN-Inggris Fokus Sektor Teknologi Rendah Karbon Hingga Situasi Ukraina
 
Kanada sendiri merupakan salah satu eksportir pangan besar ke kawasan. Nilai impor pangan ASEAN mencapai USD61 miliar setiap tahunnya.
 
"Menlu Retno mengharapkan bahwa pasokan ekspor pangan Kanada tetap berjalan lancar," kata keterangan tersebut.
 
Selain itu, dalam kerja sama jangka panjang, kolaborasi ketahanan pangan penting diperkuat. 
 
"Rencana Aksi ASEAN-Kanada untuk tahun 2021-2025 menjadi dasar yang kuat untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan investasi di bidang teknologi dan infrastruktur pertanian," pungkas Kemenlu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif