Sesi foto bersama di KTT ASEAN-Kanada di Phnom Penh, Kamboja, 12 November 2022. (Nhac NGUYEN / AFP)
Sesi foto bersama di KTT ASEAN-Kanada di Phnom Penh, Kamboja, 12 November 2022. (Nhac NGUYEN / AFP)

Jokowi Dorong Terwujudnya Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada

Willy Haryono • 13 November 2022 09:34
Phnom Penh: Presiden Joko Widodo mendorong peningkatan kemitraan ASEAN-Kanada menjadi Kemitraan Strategis dengan menghadirkan lebih banyak kerja sama konkret. Hal tersebut disampaikannya saat berbicara pada KTT Peringatan ASEAN-Kanada di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu, 12 November 2022.
 
"Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada," ucap Presiden Jokowi dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
 
Menurut Presiden Jokowi, isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik tentu sangat penting, namun isu ekonomi dan pembangunan tidak kalah penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP," ungkapnya, dalam keterangan di situs Setkab.go.id.
 
Tahun depan, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan Indonesia akan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum. "Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut," kata Presiden Jokowi.
 
Presiden juga menyampaikan, di tengah dunia yang sedang tidak kondusif ini, justru menjadi lebih penting untuk mengisinya dengan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.
 
Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Peringatan ASEAN-Kanada yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
 
Sebelumnya di hari yang sama, Presiden Jokowi juga mendorong peningkatan kerja sama Indonesia-Uni Eropa. Hal itu disampaikan usai dirinya bertemu Presiden Dewan Eropa Charles Michel di sela KTT ASEAN.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
Baca:  Respons Pandemi Corona, ASEAN-Kanada Jaga Multilateralisme
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif