25 pemuda dari empat organisasi masyarakat Islam di Indonesia akan berkunjung ke Jepang. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id
25 pemuda dari empat organisasi masyarakat Islam di Indonesia akan berkunjung ke Jepang. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id

Jepang Undang 25 Pemuda Organisasi Islam Indonesia untuk Belajar Budaya

Marcheilla Ariesta • 24 Januari 2023 18:18
Jakarta: Pemerintah Jepang kembali menggelar program JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths). Tahun ini, sebanyak 25 pemuda dari empat organisasi masyarakat Islam di Indonesia akan berkunjung ke Jepang.
 
Peserta tahun ini terdiri dari sembilan orang dari Nahdlatul Ulama dan sembilan orang dari Muhammadiyah, tiga orang dari Masjid Istiqlal serta empat orang praktisi dan aktivis muda dari lembaga dan institusi Islam di Indonesia.
 
Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tamura Masami mengatakan bahwa kolaborasi akar rumput antara Jepang dan Indonesia sangat dibutuhkan. Terlebih tahun ini hubungan bilateral kedua negara memasuki usia ke-65.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tujuan program JENESYS ini untuk mendorong hubungan yang lebih erat antara Jepang dan negara Asia Pasifik di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya," ujar Masami saat melepas para peserta JENESYS di Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.
 
"Saya berharap para peserta bisa aktif menyebarluaskan pengalaman dan pelajaran selama di Jepang serta bertukar pendapat dan berdiskusi," lanjutnya.
 
Menurutnya, kolaborasi akar rumput ini diperlukan agar kedua negara bisa lebih siap lagi untuk menghadapi berbagai tantangan dan situasi global di depan yang cukup dinamis.
 
Para peserta JENESYS ini akan berangkat ke Jepang pada hari ini, Selasa 24 Januari hingga 31 Januari 2023. Kunjungan mereka ke sana untuk belajar budaya Jepang dari para ahli dan warga di sana.
 
"Generasi muda akan bertanggung jawab atas saling pengertian tersebut. Para peserta merupakan harapan dan masa depan yang cerah bagi hubungaan kedua negara kita," imbuh Masami.
 
Program ini sempat dua tahun ditiadakan karena pandemi covid-19. Namun, karena kasus covid-19 mulai menurun di Negeri Sakura, maka program ini kembali diadakan.
 
JENESYS merupakan program tahunan yang diadakan oleh pemerintah Jepang dengan mengundang praktisi, atlet, pelajar, mahasiswa, organisasi Islam, serta jurnalis untuk mengunjungi Jepang. 
 

 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif