Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: AFP)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Nepal

Internasional politik nepal Gempa Bumi
Willy Haryono • 13 Mei 2020 11:20
Kathmandu: Sebuah gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Nepal pada Selasa 12 Mei malam, pukul 23.53 waktu setempat. Pusat Seismologi Nasional Nepal menyebut, guncangan berlokasi di sekitar desa Jugu, distrik Dolakha, Janakpur.
 
Menurut laporan Himalayan Times, Rabu 13 Mei 2020, masyarakat Katmandu, Kaski, Parsa, Sindhulpacok, merasakan guncangan.
 
Sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka dan juga kerusakan bangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa magnitudo 4,9 mengguncang Nepal, pada Selasa petang. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berlokasi sekitar 29 km dari Kodari.
 
Nepal merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang sering diguncang gempa bumi.
 
Pada April 2015, gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Nepal. Gempa kala itu menewaskan hampir 9.000 orang dan melukai 22 ribu lainnya.
 
Kuatnya guncangan telah menggeser posisi Gunung Everest sejauh tiga sentimeter (Cm) ke arah barat daya, namun ketinggiannya tidak berubah.
 
Fakta pergeseran muncul dari hasil riset Badan Nasional Survei, Pemetaan dan Informasi Geologi Tiongkok. Dalam riset itu ditunjukkan tinggi Everest masih sekitar 8848 meter.
 
Laporan juga menyebutkan Everest telah bergeser 40 Cm dalam satu dekade terakhir dengan kecepatan empat Cm dalam setahun. Nepal terletak di antara dua lempeng tektonik.

 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif