Aset milik anak pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing ditemukan di rumah taipan Myanmar di Bangkok, Thailand./AFP
Aset milik anak pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing ditemukan di rumah taipan Myanmar di Bangkok, Thailand./AFP

Aset Ditemukan di Thailand, Anak Pemimpin Junta Myanmar Enggan Komentar

Marcheilla Ariesta • 13 Januari 2023 00:06
Bangkok: Pejabat Thailand mengungkapkan, ada aset milik anak pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing dalam penggerebekan kediaman seorang Taipan Myanmar di Bangkok pada September tahun lalu. Taipan itu terlibat dalam perdagangan narkoba dan pencucian uang.
 
Dari keterangan kepolisian Thailand, mereka menemukan sertifikat tanah dan kontrak pembelian atas empat uni kamar tidur di kondominium  atas nama putra Min yaitu Aung Pyae Sone, pada Rabu kemarin. Dua tabungan Siam Commercial Bank (SCB) atas nama putri Min, Kin Thiri Thet Mon juga ditemukan di lokasi penggerebekan.
 
Atas temuan tersebut, otoritas Thailand memutuskan tidak akan memprosesnya secara hukum. Hal itu lantaran dianggap tidak berkaitan dengan kasus Tun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejauh ini, putra-putri Min Aung Hlaing tak memberikan tanggapan soal temuan aset mereka. Min Aung Hlaing juga belum memberikan komentar soal masalah ini," demikian keterangan otoritas Thailand, dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 12 Januari 2023.
 
Merespons hal itu, juru bicara kelompok aktivis keadilan Myanmar menuding temuan tersebut sebagai bukti keluarga pemimpin junta militer menyembunyikan aset mereka di Thailand.
 
Baca juga: Militer Thailand Bunuh 6 Tersangka Penyelundup Narkoba di Dekat Myanmar
 
Masyarakat Negeri Gajah Putih pun mendesak pemerintahnya untuk mengambil sikap tegas untuk mencegah negara tersebut menjadi tempat berlindung bagi penjahat perang di Myanmar.  Mereka mendorong pemblokiran akses junta Myanmar dan keluarganya terhadap bank-bank dan properti di Thailand serta membekukan aset curian milik rakyat Myanmar.
 
Juru bicara pemerintahan Thailand, Anucha Burapachaisri, belum mau berkomentar lebih jauh mengenai permasalahan ini. Begitupun dengan pihak Bank SCB dan kondominium yang digerebek.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif