Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan Bali Democracy Forum ke-14. Foto. Dok. Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan Bali Democracy Forum ke-14. Foto. Dok. Kemenlu RI

Bali Democracy Forum 14

Negara Paling Baik Menangani Pandemi Adalah Negara Demokrasi

Marcheilla Ariesta • 09 Desember 2021 13:05
Bali: Demokrasi di tengah pandemi mengalami penurunan serius. Laporan Freedom House pada 2021 menunjukkan, kebebasan global menurun dalam 15 tahun terakhir.
 
Sebanyak 75 persen penduduk dunia hidup di bawah negara yang mengalami kemunduran demokrasi tahun lalu. Dan pandemi, semakin memperburuk kemunduran demokrasi tersebut.
 
"Kita harus mencari titik keseimbangan antara menegakkan nilai-nilai demokrasi dan menerapkan peraturan untuk mengatasi pandemi," kara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers Bali Democracy Forum ke-14  (BDF) di Nusa Dua, Bali, Kamis, 9 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menegaskan, tidak dapat dipungkiri bahwa negara-negara yang paling baik menangani pandemi adalah negara demokrasi," lanjut dia.
 
Di tengah pandemi, kata Retno, cara untuk berdemokrasi adalah membangun kesetaraan dalam semua hal. Baik itu vaksin, maupun pemulihan ekonomi.
 
"Kita semua harus bekerja sama agar kesetaraan dapat dijalankan, antara lain melalui peringanan utang, pemberian akses setara terhadap vaksin, dan meningkatkan investasi untuk ketahanan kesehatan, jaminan sosial, dan pendidikan bagi semua," ungkap Retno.
 
Retno mengatakan, kesetaraan tidak hanya menjadi roh dari demokrasi, tapi juga mesin penggerak upaya pemulihan.
 
"Kesetaraan adalah mesin untuk pemulihan," pungkasnya.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif