PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob. (AFP)
PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob. (AFP)

PM Malaysia Dapat Tekanan untuk Gelar Pemilu Lebih Awal

Willy Haryono • 03 Juli 2022 14:25
Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mendapat tekanan untuk menggelar pemilihan umum lebih awal setelah partainya, Umno, memecat seorang tokoh berpengaruh dari dewan agung. Pemecatan tersebut merupakan indikasi dari sikap ketidaksabaran Umno terhadap PM Ismail yang tak kunjung menyerukan pemilu Malaysia.
 
Dikutip dari SCMP, Minggu, 3 Juli 2022, keputusan Presiden Umno Ahmad Zahid Hamidi dalam memecat Tajuddin Abdul Rahman merupakan kejutan bagi banyak orang, bahkan di kalangan politisi partai tersebut.
 
Ahmad Zahid dan Tajuddin merepresentasikan dua faksi utama yang ingin menguasai Umno sepenuhnya. Partai tersebut terpecah pada 2018 setelah mengalami kekalahan telak dalam pemilu nasional Malaysia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah Umno terpecah, Zahid dan mantan PM Malaysia Najib Razak membuat sebuah kemitraan. Sejumlah kritikus menyebut kemitraan tersebut sebagai "klaster pengadilan" karena kedua pria tersebut sama-sama menghadapi persidangan kasus korupsi.
 
Pemecatan Tajuddin yang kemudian digantikan oleh Isham Jalil, mantan juru bicara Najib, dipandang sebagai upaya untuk memperkuat genggaman kubu Zahid terhadap dewan agung.
 
Sejumlah rival Zahid menuduh Umno tengah mendorong PM Ismail untuk menyerukan pemilu lebih awal agar mereka bisa berkuasa secepat mungkin. Ada kekhawatiran juga jika Umno berjaya dalam pemilu, maka Zahid dapat terlepas dari jeratan kasus korupsi.
 
Dalam sebuah konferensi pers usai dipecat dari dewan agung, Tajuddin mengatakan bahwa Zahid harus mengundurkan diri karena kasus korupsi yang sedang dihadapinya dapat merugikan citra Umno.
 
"Demi kepentingan partai, sudah saatnya bagi beliau untuk mengundurkan diri dan menyerahkan posisi presiden ke pemimpin lain," tutur Tajuddin, politikus yang ditunjuk PM Ismail sebagai Duta Besar Malaysia untuk Indonesia.
 
Ia mengeklaim bahwa saat ini PM Ismail mempunyai "mayoritas dukungan" di kalangan anggota akar rumput Umno.
 
Baca:  Malaysia Tunjuk Tajuddin Abdul Rahman sebagai Dubes Baru untuk Indonesia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif