Co Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani. Foto: Kemenlu RI
Co Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani. Foto: Kemenlu RI

Indonesia Dipuji Karena Undang Negara Kepulauan Hadir di G20

Internasional Indonesia Ketua G20 G20 Presidensi G20
Marcheilla Ariesta • 22 April 2022 06:22
Jakarta: Indonesia menerima banyak dukungan atas presidensi di G20. Co-Sherpa Presidensi Indonesia Dian Triansyah Djani mengatakan, dukungan tersebut disampaikan semua negara anggota G20.
 
Indonesia, untuk pertama kalinya memegang presidensi G20. Trian menuturkan, Indonesia selalu mengedepankan konsultasi dalam kepemimpinan ini.
 
"Tentunya banyak negara menyampaikan dukungannya untuk Indonesia," ucap Trian, dalam jumpa pers virtual, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan dukungan untuk presidensi Indonesia di G20 juga sangat besar dari negara anggota PBB. Trian menuturkan, dukungan disampaikan saat kunjungannya ke kantor PBB di New York dan Jenewa.
 
Baca juga: Tanggapi Walk Out G20, Co-Sherpa: Ini Wajar
 
"Kami memanfaatkan kunjungan untuk bertemu dengan organisasi internasional," terang Trian. Ia menambahkan, ingin melibatkan seluruh stakeholders saat presidensi Indonesia.
 
Pujian diberikan kepada Indonesia karena mengundang negara-negara kepulauan. Ini kali pertama presidensi G20 mengundang mereka.
 
Indonesia menjadi presiden G20 mulai Desember 2021 hingga November 2022. Dalam setahun ini, banyak agenda yang dilakukan, salah satunya pertemuan menteri keuangan di Washington, Rabu lalu.
 
Di akhir keketuaan Indonesia, akan ada KTT G20 yang digelar di Bali.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif