Mantan PM Malaysia Najib Razak. (Foto: AFP)
Mantan PM Malaysia Najib Razak. (Foto: AFP)

Mantan PM Malaysia Hadapi Sidang Vonis Hari Ini

Internasional politik malaysia 1mdb
Willy Haryono • 28 Juli 2020 07:18
Kuala Lumpur: Setelah proses persidangan berlangsung selama hampir 16 bulan, mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak akan menjalani sidang vonis dugaan kasus korupsi hari ini, Selasa 28 Juli 2020. Ini merupakan satu dari rangkaian persidangan yang akan dihadapi Najib terkait dugaan pencurian miliaran dolar dari dana negara 1MDB.
 
Dikutip dari Al Jazeera, Najib menghadapi tujuh tuntutan terkait SRC International, anak perusahaan dari 1MDB, dan juga tudingan bahwa uang senilai miliaran dolar berakhir di rekening pribadinya. Uang itu disebut-sebut dipakai untuk membeli beragam barang mewah, renovasi rumah, dan juga pendanaan sejumlah partai saat dirinya masih berkuasa.
 
Jika terbukti bersalah, Najib dapat dijatuhi vonis puluhan tahun penjara dengan uang denda bernilai substansial. Ia juga akan menjadi pm pertama di Malaysia yang dijatuhi hukuman di sebuah pengadilan kriminal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini merupakan tes bagi pemerintahan (PM Malaysia) Muhyiddin (Yassin)," kata Bridget Welsh, seorang pakar urusan Malaysia dari University of Nottingham.
 
"Sidang vonis ini akan mengirimkan sinyal yang sangat penting mengenai apakah pemimpin-pemimpin (di Malaysia) akan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan saat berkuasa," sambungnya.
 
Najib mungkin akan menghadapi lebih dari 40 tuntutan terkait 1MDB. Namun ia tetap menjadi figur berpengaruh di partai United Malays National Organisation (UMNO), yang kalah dalam pemilihan umum 2018 atas skandal 1MDB.
 
Namun UMNO sekali lagi menjadi partai terbesar dalam koalisi berkuasa usai Muhyiddin menjadi PM Malaysia pada Maret lalu.
 
Hakim Mohd Nazlan Ghazali, yang memulai kariernya di bank terbesar di Malaysia, akan membacakan vonis Najib pada pukul 10.00 waktu setempat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif