Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Kolaborasi Kemenlu-Kemenkes Dapatkan Obat Gangguan Ginjal Akut Pada Anak

Marcheilla Ariesta • 27 Oktober 2022 20:06
Jakarta: Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan RI berkolaborasi dalam mendapatkan obat fomepizole untuk menangani gangguan gagal ginjal akut. Upaya penggandaan obat antidotum fomepizole dilakukan dengan pendekatan ke sejumlah perusahaan di berbagai negara.
 
Fomepizole adalah obat untuk penanganan keracunan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang menyebabkan gangguan ginjal akut progresif atipikal atau acute kidney injuries (AKI) pada anak yang tengah melanda Indonesia saat ini.
 
Sekretaris Bidang Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi (TPPE) Kemenlu, Lintang Paramitasari, mengatakan saat ini Indonesia telah menghubungi dua perusahaan dari Kanada dan Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehubungan dengan hal tersebut, Kemlu dan Kemenkes telah melakukan komunikasi intensif dengan perusahaan mitra farmasi Paladin dari Kanada dan Takeda dari Jepang untuk segera memperoleh fomepizole bagi anak-anak Indonesia," kata Lintang dalam press briefing di Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.
 
"Sejauh yang kami ketahui, pihak Takeda Jepang akan mengirim kira-kira antara 100 hingga 200 vial," imbuh dia.
 
Lintang menambahkan, saat ini pihaknya juga mengontak beberapa perusahaan mitra dari Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia.
 
"Kami juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah Australia yang telah memberikan 16 vial fomepizole yang telah tiba di Indonesia pada 25 Oktober 2022," ujarnya.
 
Ia menegaskan, Kemenlu akan terus memberikan pengawalan dan hubungan dengan Kemenkes dalam rangka membuka akses untuk mendapatkan obat tersebut.
 
Kementerian Kesehatan mengungkapkan 133 dari 241 pasien yang dirawat di rumah sakit meninggal dunia. Mayoritas pasien merupakan anak-anak yang dirawat di 22 provinsi akibat penyakit AKI.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif