Petugas berada di dekat kapal pengangkut WNI yang tenggelam di Johor Bahru, Malaysia. (Agensi Penguat kuasa Maritim Malaysia)
Petugas berada di dekat kapal pengangkut WNI yang tenggelam di Johor Bahru, Malaysia. (Agensi Penguat kuasa Maritim Malaysia)

Kapal Pembawa WNI Tenggelam di Selangor, 1 Jenazah Ditemukan

Willy Haryono • 29 Desember 2021 18:25
Kuala Lumpur: KBRI Kuala Lumpur telah menerima informasi awal dari Otoritas Malaysia mengenai kejadian kapal tenggelam yang membawa penumpang diduga warga negara Indonesia (WNI) pada Jumat, 24 Desember 2021. Diperkirakan kapal berangkat dari Batu Bara, Sumatra Utara, menuju Sekinchan, Selangor, dan tenggelam di perairan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. 
 
Berdasarkan keterangan yang dihimpun Perwakilan RI, terdapat korban selamat maupun meninggal dunia yang dievakuasi kapal nelayan Malaysia, kemudian diserahkan ke kapal nelayan Indonesia yang melintas di perairan tersebut.
 
Baca:  Lagi, Kapal Pembawa WNI Tenggelam di Perairan Malaysia

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara otoritas Malaysia juga telah menemukan satu jenazah yang hanyut, diduga salah satu korban kapal tenggelam, dan saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit di Selangor untuk proses identifikasi oleh Kepolisian Malaysia.
 
Menurut keterangan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri yang diterima Medcom.id, Rabu, 29 Desember 2021, proses pencarian dan patroli di perairan sekitar lokasi tenggelamnya kapal tersebut masih terus dilakukan, baik oleh Otoritas Malaysia maupun Indonesia.
 
Belum diketahui secara pasti jumlah WNI penumpang kapal tersebut, namun dalam pemberitaan sebelumnya, disebutkan bahwa kapal itu mengangkut 57 penumpang dan 4 anak buah kapal (ABK).
 
KBRI Kuala Lumpur telah menerjukan tim untuk mendatangi lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Otoritas Malaysia untuk membantu proses identifikasi dan penanganan korban.
 
Peristiwa terbaru kali ini menambah panjang daftar kecelakaan yang menewaskan WNI yang berupaya masuk secara ilegal ke Malaysia. Pada 15 Desember 2021, kapal dengan penumpang lebih dari 60 orang karam di Johor Bahru.
 
Hingga saat ini, 21 WNI tewas dalam kecelakaan di Johor itu. Sebanyak 11 jenazah WNI sudah dipulangkan ke Tanah Air akhir pekan lalu.
 
Upaya pelindungan yang dilakukan saat ini difokuskan kepada penanganan terhadap korban selamat dan penanganan terhadap jenazah yang meliputi proses identifikasi dan pemulangan. Sementara itu proses pencarian jenazah masih terus dilakukan oleh pihak SAR Malaysia dan juga Basarnas Indonesia.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif