Mantan PM Malaysia Najib Razak tersangkut kasus korupsi 1MDB. Foto: The Star
Mantan PM Malaysia Najib Razak tersangkut kasus korupsi 1MDB. Foto: The Star

Populer Internasional: Putusan Banding Najib Razak Hingga UNHCR Kecam Thailand

Fajar Nugraha • 24 November 2021 07:57
Kuala Lumpur: Pengadilan Malaysia akan memberikan putusannya atas banding yang diajukan mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak pada Desember mendatang. Najib konsisten membantah melakukan kesalahan.
 
Kabar itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, diikuti dengan isu mengenai Inggris dan Amerika Serika (AS) yang akan menemukan pesawat F35B sebelum Rusia.
 
Kemudian diikuti dengan kabar mengenai UNHCR yang mengecam Thailand untuk lakukan deportasi kepada pengungsi ketiga di Kamboja. Berikut selengkapnya mengenai berita tepopuler Internasional Medcom:

1. Pengadilan Malaysia Berikan Putusan Banding Najib Razak Bulan Depan

Pengadilan Malaysia akan memberikan putusannya atas banding yang diajukan mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak pada Desember mendatang. Najib konsisten membantah melakukan kesalahan.
 
Tahun lalu, Najib divonis 12 tahun penjara dan didenda USD50 juta (setara Rp713,3 miliar) setelah dinyatakan bersalah atas pelanggaran pidana, penyalahgunaan kekuasaan, dan pencucian uang karena secara ilegal menerima sekitar USD10 juta dari SRC International, bekas unit 1MDB yang sekarang sudah tidak berfungsi.
 
Ia mengajukan banding atas putusan tersebut dan bebas dengan jaminan. Najib juga dapat mengajukan banding lebih lanjut ke pengadilan federal jika hukumannya ditahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana nasib kasus dari Najib Razak? Simak di sini.

2. Inggris dan AS Janji Temukan Pesawat F-35B Sebelum Rusia

Pejabat Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) optimistis dapat menemukan pesawat tempur F-35B yang jatuh setelah lepas landas dari kapal induk HMS Queen Elizabeth (R08) sebelum Rusia. Janji ini disampaikan pada Senin kemarin.
 
Dilansir dari AFP, Selasa, 23 November 2021, R08 kehilangan F-35B Rabu lalu, namun pilotnya berhasil melontarkan diri dari pesawat dengan selamat. NATO khawatir Rusia mungkin akan mencoba untuk mencapai lokasi bangkai pesawat demi memperoleh teknologi mutakhirnya.
 
"Kami akan menemukannya terlebih dulu, saya berjanji,” kata Perwira Tinggi AS di R08, Brigadir Jenderal Simon Doran. 
 
Sementara Wakil Komandan Tertinggi Sekutu Eropa NATO, Jenderal Tim Radford, juga menuturkan, pihaknya tidak khawatir karena sedang menangani masalah saat ini.
 
Di mana keberadaan pesawat itu? Simak tautan ini.

3. UNHCR Kecam Thailand yang Deportasi Pengungsi Ketiga Kamboja

Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) mengecam Thailand karena mendeportasi pengungsi ketiga Kamboja, Thavry Lanh, dalam dua pekan terakhir. Deportasi dilakukan setelah seorang mantan politisi perempuan dikirim Thailand ke sebuah penjara di Phnom Penh, Kamboja.
 
Dilansir dari AFP, Selasa, 23 November 2021, Lanh yang berasal dari Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) merupakan kritikus vokal pemerintahan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, salah satu pemimpin terlama di dunia yang telah berkuasa selama 36 tahun.
 
Lanh melarikan diri ke Thailand lebih dari empat tahun lalu. Jumat kemarin, petugas imigrasi Thailand diketahui menangkap Lanh di sebuah kota perbatasan timur. Ia pun dikirim ke Kamboja pada hari berikutnya.
 
Bagaimana kondisi dari para pengungsi itu? Selanjutnya di sini.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif