Ilustrasi vaksin eksperimental covid-19. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi vaksin eksperimental covid-19. (Foto: Medcom.id)

RI akan Tawarkan Vaksin Merah Putih ke Singapura

Internasional Virus Korona indonesia-singapura vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 16 September 2020 14:11
Jakarta: Seluruh dunia saat ini tengah berada di bawah ancaman pandemi virus korona (covid-19), tak terkecuali Indonesia dan Singapura. Duta Besar RI untuk Singapura yang baru saja dilantik, Suryopratomo, berencana menawarkan vaksin Merah Putih buatan Indonesia ke Singapura.
 
"Fokusnya dalam tiga tahun ke depan bagaimana pulih dari pandemi dan ekonomi bangkit," ucapnya menuturkan program tiga tahun kerjanya ke depan kepada Medcom.id, Rabu, 16 September 2020.
 
Untuk kerja sama di bidang kesehatan, ia mengatakan Singapura tidak mengembangkan vaksin. "Kita yang justru akan membuat vaksin Merah Putih. Kalau berhasil, Singapura bisa ditawari kalau mau membeli," tutur Suryopratomo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dia juga berencana melakukan kerja sama di bidang teknologi kesehatan. Ia menambahkan, pengendalian covid-19 akan menjadi objek kerja sama dengan Singapura.
 
Tanpa ada pengendalian covid-19 yang baik, tutur Suryopratomo, maka kondisi perekonomian Indonesia dan Singapura dapat terancam. Menurutnya, setelah sektor kesehatan membaik, maka ekonomi akan mengikuti dan dapat dipacu lebih jauh lagi.
 
Menurutnya, setelah Hong Kong bergejolak karena berbagai isu domestik, pusat keuangan berpindah ke Singapura. Hal tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia untuk memulihkan perekonomian.
 
"Tinggal kita perbaiki iklim usaha di dalam negeri agar investor lebih secure (aman)," imbuhnya.
 
Sementara di bidang perlindungan WNI, pekerja migran Singapura saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 200 ribu. Suryopratomo berencana bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja MIgran Indonesia (BP2MI) untuk membuat aturan yang lebih baik lagi bagi WNI.
 
Suryopratomo dilantik pada Senin, 14 September lalu oleh Presiden Joko Widodo. Ia dilantik bersama 19 duta besar lainnya setelah melewati uji kelayakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif