PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob sebut tidak ada syarat khusus terkait percepatan pemilu./AFP
PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob sebut tidak ada syarat khusus terkait percepatan pemilu./AFP

Dipercepat! UMNO Ingin Pemilu Malaysia Digelar Tahun Ini

Marcheilla Ariesta • 01 Oktober 2022 21:44
Kuala Lumpur: Dewan Tertinggi Partai UMNO Malaysia menginginkan agar pemilihan umum ke-15 (GE15) dipercepat menjadi tahun ini. Namun, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob, yang juga petinggi partai tersebut mengatakan, tidak ada persyaratan dalam tanggal yang diusulkan.
 
Menurutnya, semua keputusan yang diambil pimpinan partai didasarkan atas musyawarah mufakat dan tidak sepihak seperti yang dikemukakan beberapa pihak.
 
"Tidak ada yang pernah memberikan syarat apa pun," kata Ismail Sabri, dikutip dari Malay Mail, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan keputusan itu didasarkan pada konsensus dari lima pemimpin teratas UMNO yang terdiri dari presiden, wakil dan tiga wakil presiden serta biro politik partai.
 
PM Ismail Sabri juga mengatakan dewan tertinggi UMNO hanya mengatakan sekretaris jenderal partai Datuk Seri Ahmad Maslan bisa mengeluarkan pernyataan pada pertemuan mereka tadi malam.
 
"Jika kita ingin mengadakan pemilihan dan kita memiliki alasan kuat untuk mempercepatnya dan mencapai konsensus, kita akan melakukannya," ucapnya.
 
Namun, dia terus menyimpan kartunya sangat dekat dengan dadanya ketika dia akan mencari audiensi dengan Yang di-Pertuan Agong untuk meminta pembubaran Parlemen. "Tunggu saja tanggal pengumumannya," tambahnya.
 
Sekjen UMNO Ahmad mengeluarkan pernyataan setelah pertemuan partai tadi malam, mengatakan Parlemen harus dibubarkan sesegera mungkin agar GE15 diadakan tahun ini.
 
Ahmad menambahkan bahwa perdana menteri akan mencari audiensi dengan Raja, tanpa menyebutkan kapan.
 
Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi menegaskan, dewan tertinggi partai telah mencapai konsensus bagi perdana menteri untuk mengusulkan tanggal pembubaran kepada Raja sesuai dengan Pasal 40 (1) Konstitusi Federal.
 
"Sudah saatnya mesin UMNO nasional bergerak lebih cepat dengan rapi dan terorganisir untuk memenuhi aspirasi rakyat untuk mengembalikan stabilitas dan kemakmuran ke Malaysia," katanya.
 
Menurut Ahmad Zahid, sangat penting bagi GE15 untuk dilaksanakan sekarang demi memastikan pemerintahan yang lebih stabil, kuat dan efisien dibentuk bagi  kepentingan publik.
 
“Yang paling penting bagi GE15 untuk memastikan pemerintah federal tidak akan disabotase oleh musuh yang berbagi ranjang yang sama yang selalu memiliki kepentingan politik,” tulisnya via akun Facebook.
 
Ahmad Zahid sebelumnya mencemooh para penentang yang mengkritik desakan Umno untuk menggelar pemilu tahun ini. Menurutnya, para penentang berkata demikian karena tidak siap pergi ke tempat pemungutan suara dan masih senang mengabadikan "mitos" yang mengaitkan pemilu dengan musim hujan.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif