Menlu Retno Marsudi dan Menlu Guinea membahas peningkatan hubungan bilateral. Foto: Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Guinea membahas peningkatan hubungan bilateral. Foto: Kemenlu RI

Ingin Buat Maskapai Nasional, Menhub Guinea Jajaki Kerja Sama dengan RI

Marcheilla Ariesta • 24 Januari 2023 22:31
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat kunjungan dari Menteri Perhubungan Guinea, Felix Lamah. Dalam kunjungannya tersebut, kedua menteri membahas peningkatan hubungan bilateral khususnya di di bidang industri strategis, infrastruktur dan perhubungan.
 
Menlu Retno menyambut baik rencana penandatanganan Letter of Intent (LoI) di bidang transportasi antara Menhub Indonesia-Guinea pada 26 Januari 2023 mendatang.
 
"Kita wujudkan kesepakatan ini ke dalam kerja sama nyata, khususnya Di bidang transportasi udara, maritim, dan darat (kereta api), baik secara G-to-G maupun B-to-B," ujar Retno dalam keterangan tertulis Kemenlu RI, yang diterima Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu  Retno juga mendorong kerja sama antara BUMN Indonesia dengan mitranya di Guinea.
 
Tak hanya itu, kedua menteri juga membahas mengenai kerja sama pengembangan kapasitas, termasuk untuk pengembangan industri aviasi dan pendirian Guinea Air. Pengembangan yang dimaksud antara lain dapat berupa pelatihan pilot, mekanik, dan perawatan pesawat.
 
Selain bertemu dengan Menlu RI, Menhub Guinea juga direncanakan akan mengunjungi PT Dirgantara Indonesia untuk penjajakan dukungan pembentukan Guinea Air dan PT Wika Industri Manufaktur untuk penjajakan kerja sama pengembangan industri kendaraan listrik. 
 
Dalam kesempatan berbeda, Menlu Retno juga menerima kunjungan Menteri Luar Negeri, Kerja Sama Internasional dan Warga Negara Gambia di Luar Negeri, Dr. Mamadou Tangara. Dalam pertemuan tersebut, RI menyatakan dukungannya kepada Gambia karena menjadi penyelenggara KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).
 
Menlu Retno menegaskan, Indonesia siap membantu Gambia dalam penyelenggaraan KTT OKI tersebut. Ia juga mengharapkan, hasil dari KTT OKI nanti dapat menghasilkan aksi yang konkret.
 

 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif