Utusan khusus Kementerian Luar Negeri Jerman untuk Aksi Iklim Internasional Jennifer Morgan. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id
Utusan khusus Kementerian Luar Negeri Jerman untuk Aksi Iklim Internasional Jennifer Morgan. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id

Jerman Serius Dalami Kerja Sama Energi dengan Indonesia

Internasional indonesia-jerman jerman perubahan iklim Energi Hijau
Marcheilla Ariesta • 12 Mei 2022 08:13
Jakarta: Utusan khusus Kementerian Luar Negeri Jerman untuk Aksi Iklim Internasional Jennifer Morgan melakukan lawatan ke Indonesia selama tiga hari. Dalam kunjungannya, ia membahas pendalaman kerja sama kedua negara terkait transisi energi.
 
"Saya datang ke Jakarta pada awal masa jabatan saya sebagai utusan khusus dan presidensi G7 Jerman serta (pada) presidensi G20 Indonesia untuk mendengarkan dan mempelajari situasi di Indonesia dan untuk menjajaki bagaimana kita dapat memperdalam kerja sama dengan satu sama lain," kata Morgan dalam konferensi pers Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Dalam kunjungannya tersebut, Morgan bertemu dengan sejumlah pihak termasuk berbagai aktor pemerintah, sektor usaha, akademis, riset, dan masyarakat sipil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya dalam menghadapi krisis iklim, semua orang berada di posisi yang sama. Diperlukan aksi global yang konkret dan berambisi untuk mencapai sasaran penting menekan pemanasan global agar tidak melebihi 1,5 derajat Celsius, sejalan dengan mandat perjanjian Paris.
 
Morgan menuturkan, kedua negara memiliki kedudukan yang tepat untuk menangani krisis iklim dunia dengan berjalannya kepemimpinan Jerman di G7 dan Indonesia di G20. Terlebih karena dengan kedua negara yang memiliki fokus terkait transisi energi yang berkelanjutan dalam presidensinya itu.
 
"Kita sama-sama berjuang demi tujuan serupa yaitu transisi energi yang bersih dan terjangkau, yang akan menciptakan pekerjaan dan peluang baru bagi rakyat kita," tuturnya.
 
Ia menegaskan kesiapan Jerman untuk memperdalam kolaborasi dengan Indonesia demi mempercepat aksi, baik dengan memperluas kerja sama bilateral yang telah memiliki sejarah panjang di bidang iklim, energi, dan lingkungan hidup, maupun dengan berbagi pengalaman terkait transisi energi dan penghentian operasi PLTU batu bara.
 
Morgan berpendapat, pelajaran utama soal energi terbarukan bagi Jerman adalah dengan memikirkan secara mendalam dan mengerjakan detail implementasinya. Penerapan menjadi bagian yang paling sangat krusial, sebab harus juga bisa mengatasi hambatan birokrasi.
 
"Ini adalah transformasi yang luar biasa, dan kita perlu memastikan bahwa kita melakukan ini dengan cara yang adil dan terjangkau," ucap Morgan.
 
Menurutnya, kepemimpinan Indonesia di G20 adalah momentum untuk melangkah bersama dan bertindak dalam menghadapi perubahan iklim.
 
"Ini adalah momen bagi kita semua untuk melampaui zona nyaman kita. Dan kami tidak sabar untuk mendukung kepresidenan Indonesia dalam suksesi G20," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif