Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Posisi Netral Indonesia di G20 Berbuah Dukungan dari Rusia

Marcheilla Ariesta • 19 Mei 2022 10:25
Jakarta: Presidensi Indonesia di G20 mendapat banyak sorotan di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Beberapa negara anggota G20, yang masuk dalam kelompok G7, meminta Indonesia mengeluarkan Rusia
 
Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengatakan, Indonesia tidak berniat mengeluarkan Rusia dari G20. Malah, Indonesia mengundang Presiden Vladimir Putin untuk hadir di KTT pada November mendatang. 
 
"Tentu saja, mereka (G7) sama sekali tidak logis dan, itu adalah minoritas negara yang mencoba memaksakan kehendak mereka pada mayoritas yang tidak berniat mengeluarkan Rusia dari forum ini, termasuk Indonesia," kata Lyudmila dalam wawancara dengan Sputnik, Rabu, 18 Mei 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lyudmila mengatakan, posisi Indonesia seimbang. 
 
"Indonesia menilai G20 merupakan forum yang seharusnya membahas isu-isu ekonomi dan keuangan global yang relevan, dan perhatian forum ini tidak boleh teralihkan dengan menyeret krisis politik yang tidak ada kaitannya dengan agenda G20," sambungnya. 
 
Ia menambahkan, sejauh ini Indonesia berhasil melawan tekanan negara-negara Barat. Karenanya, netralnya posisi Indonesia mendapatkan dukungan di G20 dari Rusia
 
"Kami mendukung kepresidenan G20 Indonesia dan prioritas yang telah diidentifikasi oleh Indonesia," ujar Lyudmila. 
 
Ada tiga prioritas Indonesia di keketuaan G20 tahun ini, yakni pemulihan ekonomi setelah pandemi covid-19, penguatan sistem perawatan kesehatan, transisi energi, transformasi digital. 
 
Lyudmila mengatakan, ketiganya adalah subyek yang paling penting bagi dunia. "Dan kami mendukung  mereka dan mendukung posisi Indonesia," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif