Pemandangan salah satu sudut kota Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: AFP)

Malaysia Deteksi Klaster Baru Covid-19 di Kuala Lumpur

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 22 Agustus 2020 14:04
Putrajaya: Otoritas kesehatan Malaysia mendeteksi klaster baru virus korona (covid-19) di sebuah restoran di Kuala Lumpur. Restoran itu disebut terkait dengan tiga kasus terkonfirmasi covid-19 di wilayah ibu kota.
 
Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah, dua kasus pertama dari klaster terbaru ini adalah pegawai asing yang bekerja di restoran tersebut. Keduanya, berusia 26 dan 27, dinyatakan positif covid-19 pada 16 Agustus lalu.
 
"Kedua kasus dideteksi dari pemeriksaan acak yang dilakukan di semua tempat makan di sekitar pusat kota Kuala Lumpur," ujar Noor Hisham, dilansir dari laman The Straits Times, Sabtu 22 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu, otoritas kesehatan Malaysia melacak beberapa orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan kedua pekerja. Salah satu kontak diketahui sebagai perempuan berusia 42 tahun yang pernah makan di restoran tersebut.
 
"Ia mengalami gejala nyeri tenggorokan dan sakit kepala sejak 17 Agustus. Ia sudah dibawa ke rumah sakit Sungai Buloh Hospital," sebut Noor Hisham pada Jumat kemarin.
 
Klaster terbaru covid-19 di Kuala Lumpur kini diidentifikasi sebagai Titiwangsa, lokasi tempat restoran itu berdiri. Noor Hisham mengatakan total 672 individu telah diperiksa, termasuk 16 pegawai dan 656 pelanggan.
 
"Sejauh ini, hanya ada tiga kasus positif yang terkait klaster terbaru, sedangkan 669 sisanya negatif. Deteksi kasus aktif dan penelusuran kontak masih berlangsung," kata Noor Hisham.
 
Sementara itu, tiga kasus covid-19 di Kedah diketahui terkaitn dengan klaster Tawar -- kasus aktif terbesar di seantero Malaysia. Total 2.733 individu terkait klaster Tawar telah diperiksa pada Jumat kemarin.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di Malaysia telah melampaui 9.200 dengan 125 kematian dan 8.945 pasien sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif