Tur virtual kota Otaru dari udara. (Jenesys/JICE)
Tur virtual kota Otaru dari udara. (Jenesys/JICE)

Pesona Kota Otaru, "Little Venice" di Hokkaido Jepang

Willy Haryono • 26 Maret 2022 15:23
Jakarta: Otaru di Hokkaido, Jepang, menjadi salah satu kota yang dikunjungi para peserta program pertukaran pelajar dan pemuda Jenesys yang kembali diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Jepang di bulan Maret 2022. Walau hanya berupa tur virtual, para peserta dapat melihat keindahan dan keunikan dari kota pelabuhan ini. Pemandu dalam tur virtual ini adalah Masaya Moriai.
 
Lokasi pertama yang diperlihatkan Moriai-san adalah Jalan Sakaimachi atau Sakaimachi Doori. Lokasi ini adalah pusat perbelanjaan, sekitar 15 menit berjalan kaki dari stasiun Otaru. Sekitar 90 toko berjejer di jalanan sepanjang 900 meter ini, yang terdiri dari restoran sushi, toko hasil laut, makanan manis, kotak musik, aksesoris dan tentu saja produk kerajinan kaca.
 
Selama ini, Otaru dikenal juga dengan sebutan "Kota Kaca." Para nelayan Otaru di masa lalu menggunakan bola apung yang terbuat dari kaca untuk menangkap ikan herring. Sekarang, bola apung seperti itu dan kerajinan kaca lainnya menjadi suvenir yang banyak diburu turis domestik maupun asing di Otaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari Shakaimachi Doori, Moriai-san mengajak para peserta melihat keindahan Otaru dari udara melalui kamera drone. Dari udara, Otaru terlihat sebagai kota pelabuhan yang dikelilingi laut dan pegunungan. Di distrik Shukutsu, terlihat ada area pelabuhan, observatorium dan juga akuarium yang dihuni berbagai hewan laut. Moriai-san mengatakan bahwa ketika Shukutsu dilanda angin kencang dan gelombang tinggi, terkadang kawanan anjing laut liar bisa masuk ke area akuarium.
 
Pesona Kota Otaru, Little Venice di Hokkaido Jepang
Bebatuan di area pelabuhan Otaru kerap disinggahi anjing laut. (Jenesys/JICE)
 
Sekitar 100 tahun lalu, penangkapan ikan herring sangat aktif dilakukan di Hokkaido, termasuk di area pelabuhan Shukutsu di Otaru. Aktivitas tersebut meraup banyak keuntungan yang membuat masyarakat lokal menjadi kaya raya. Kala itu, ada sebagian orang yang membangun rumah mewah dengan fungsi ganda, yaitu sebagai hunian dan juga tempat usaha perikanan. Rumah seperti itu disebut dengan Istana Ikan Herring.
 
Dari Shukutsu, Moriai-san mengajak peserta melihat Kanal Otaru atau Otaru Unga yang sangat terkenal di kalangan turis. Kanal sepanjang 1.140 meter dengan lebar 20 meter ini dapat ditempuh dengan 10 menit berjalan kaki dari stasiun Otaru. Para peserta melihat ada sekelompok turis yang menaiki perahu di Kanal Otaru, mirip dengan pemandangan yang selama ini biasa dilihat di Venesia (Venice), Italia. Moriai-san mengatakan, tur perahu di Kanal Otaru berlangsung lebih kurang 40 menit.
 
Di masa lalu, Kanal Otaru merupakan kanal yang digunakan sebagai tempat melintasnya kapal-kapal asing. Sebagian besar dari kapal itu datang ke Otaru untuk memuat ikan herring. Kanal Otaru merupakan solusi dari pemerintah setempat kala itu untuk mengatasi masalah kepadatan kapal asing di wilayah pelabuhan.
 
Pesona Kota Otaru, Little Venice di Hokkaido Jepang
Kanal Otaru dan Jembatan Asakusa. (Jenesys/JICE)
 
Masih di Kanal Otaru, Moriai-san mengajak peserta ke Jembatan Asakusa. Jembatan ini rupanya merupakan spot populer bagi para turis untuk mengambil foto. Saat tur virtual ini, para peserta melihat ada banyak anak muda berfoto selfie dengan latar perahu yang melintas di Kanal Otaru.
 
Menurut Moriai-san, Otaru cocok untuk dikunjungi turis pada musim apa pun. Jika kurang menyukai udara dingin, turis dapat mengunjungi Otaru pada musim panas di saat temperatur udara relatif sejuk. Jika ingin melihat bunga Sakura, Moriai-san menyarankan turis untuk datang ke kota Otaru sekitar bulan Mei.
 
Ia mengatakan Otaru memiliki daya tarik tersendiri di setiap musimnya, dan karena itulah selalu berada di urutan 10 besar kota wisata terpopuler di Jepang.
 
Baca:  Rekomendasi di Hokkaido Saat Musim Salju
 
#JENESYS #JENESYS_Indonesia #JENESYS_ASEAN
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif