Serangan pasukan Israel di Masjid Al Aqsa./AFP
Serangan pasukan Israel di Masjid Al Aqsa./AFP

MUI Sebut Serangan Israel di Masjid Al-Aqsa Kejahatan Eksponensial

Internasional Palestina MUI israel palestina Israel
Marcheilla Ariesta • 16 April 2022 22:00
Jakarta: Serangan pasukan Israel terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa membuat banyak pihak geram, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI). Serangan tersebut telah melukai lebih dari 150 warga Palestina
 
"Tindakan ini semakin meyakinkan kita semua bahwa negara ini memang dipimpin oleh para penjahat kemanusiaan dan tidak beradab. Hanya penjahatlah yang melakukan tindakan-tindakan seperti itu karena mereka memang tidak memiliki akal sehat dan nurani," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim dalam pernyataannya, Sabtu, 16 April 2022.
 
Ia mengatakan, tindakan Israel merupakan kejahatan eksponensial yang tidak bisa diterima akal sehat dan nurani. Hal ini tentu saja bertentangan dengan ajaran agama apapun dan juga melanggar hukum internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Umat Islam Indonesia khususnya, mengutuk tindakan brutal aparat Israel ini," tegas dia.
 
Dengan adanya peristiwa ini, MUI mengimbau semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Negeri Zionis itu untuk meninjau ulang kerja sama dengan mereka.
 
Baca juga: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
 
Selain itu, MUI mengatakan perlu langkah-langkah pasti untuk melawan Israel dengan berbagai cara yang bisa dilakukan, agar Israel menghentikan sama sekali kejahilan atau kejahatan yang secara terus menerus dilakukan terhadap warga Palestina.
 
"Sebagaimana yang pernah MUI sampaikan, maka diperlukan langkah-langkah serius dari elemen masyarakat mana pun untuk memboikot Israel dan menyeretnya ke mahkamah internasional serta menjatuhkan sanksi internasional," tuturnya.
 
"Seharusnya Amerika yang selama ini memberikan dukungan kepada Israel, mengubah cara pandanganya agar bisa bertindak secara lebih adil dan benar-benar membela kemanusiaan," tegas Sudarnoto.
 
Ia menambahkan, janji Presiden AS Joe Biden saat dilantik untuk menghentikan kekerasan di sana seharusnya benar-benar ditepati. "Jangan sekadar lip services menyenangkan umat Islam untuk sementara," ujarnya.
 
MUI mengimbau agar umat Islam dan warga negara Indonesia melakukan langkah positif untuk membela warga, rakyat dan bangsa Palestina.
 
Warga Palestina bentrok dengan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada Jumat ketika ribuan orang berkumpul untuk salat selama bulan suci Ramadan. Petugas medis mengatakan lebih dari 150 warga Palestina terluka dalam kekerasan paling serius di lokasi itu dalam hampir satu tahun.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif