Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Mirza Nurhidayat./Dok. Kemenlu RI
Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Mirza Nurhidayat./Dok. Kemenlu RI

RI-Singapura Kembali Gelar Pertemuan Kepala Negara Pada 25 Januari

Internasional Joko Widodo indonesia-singapura Singapura lee hsien loong presiden joko widodo
Marcheilla Ariesta • 20 Januari 2022 16:48
Jakarta: Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong akan melakukan pertemuan leaders retreat di Bintan pada 25 Januari mendatang. Pertemuan ini sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi covid-19.
 
"Tentunya pertemuan para pemimpin ini merupakan modalitas kerja sama antara kedua negara di mana pada pertemuan tersebut tentunya akan dibicarakan hal-hal terkait dengan peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Singapura," ujar Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Mirza Nurhidayat, di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.
 
Ia menambahkan, persiapan dengan berbagai kementerian dan lembaga juga dilakukan untuk memastikan pelaksanaan leaders retreat ini dapat berjalan sesuai rencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mirza menjelaskan, persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu. Isu yang menjadi fokus pembicaraan adalah peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang. Kemungkinan, kata Mirza, akan juga membahas kerja sama di bidang kesehatan.
 
Baca juga: Indonesia-Singapura Jalin Kerja Sama Perlindungan Pelaku Perjalanan
 
"Jadi, hal-hal yang terkait dengan kepentingan kedua negara akan menjadi fokus pembicaraan, baik itu di bidang politik sosial budaya, hukum dan keamanan, hingga semua isu strategis tentunya akan menjadi topik pembahasan antara kedua kepala negara," ungkapnya.
 
Leaders retreat Indonesia dan Singapura seharusnya digelar setahun sekali. Lokasi pertemuan juga diselang-seling di kedua negara. 
 
Namun, karena pandemi covid-19, pertemuan ini ditunda dan baru dilakukan sekarang.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif