Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto. Dok. Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto. Dok. Kemenlu RI

Telepon Menlu Ukraina, Menteri Retno Tawarkan Bantuan dari Indonesia

Internasional ukraina rusia indonesia-ukraina menlu retno lp marsudi Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 27 April 2022 05:51
Jakarta: Konflik yang terjadi di Ukraina tetap menjadi perhatian bagi Indonesia. Khususnya mengenai kondisi kemanusiaan di tengah invasi yang dilakukan oleh Rusia.
 
Indonesia pun menawarkan bantuan kepada Ukraina. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada rekannya, Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.
 
“Berbicara di telepon dengan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba dari Ukraina pada 26 April 2022. Menlu Kuleba memperbarui situasi terkini di Ukraina, termasuk krisis kemanusiaan,” ucap Menlu Retno melalui Twitter, yang dikutip Medcom.id, Rabu 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Ukraina,” tegasnya.
 
“Menlu Kuleba dan saya sama-sama sepakat tentang pentingnya memberikan kesempatan negosiasi untuk berhasil. Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung upaya penyelesaian secara damai melalui perundingan,” imbuh Menlu.
 
Sebelumnya pada wawancara khusus Medcom.id dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada 11 April lalu, Ukraina mengatakan, banyak membutuhkan apapun baik finansial maupun keuangan.
 
Rusia memulai operasi militer ke Ukraina pada 24 Februari lalu. Saat itu Presiden Vladimir Putin menegaskan bahwa operasi ini bertujuan untuk demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.
 
Putin menegaskan bahwa operasinya ini untuk menyelamatkan warga warga sipil dari genosida yang dilakukan Pemerintah Ukraina saat ini.
 
Namun ingga lebih dari dua bulan peperangan, Rusia belum bisa menguasai Ukraina sepenuhnya. Operasi Rusia saat ini pun difokuskan ke wilayah timur Ukraina dan menjauh dari Ibu Kota Kiev.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif