Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. Foto: UK in Indonesia/Twitter
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. Foto: UK in Indonesia/Twitter

Indonesia-Inggris Gelar Lokakarya Penggunaan Telemedicine Berbasis Komunitas

Internasional indonesia-inggris
Marcheilla Ariesta • 05 November 2020 07:05
Jakarta: Indonesia dan Inggris sepakat untuk berbagi pengetahuan dan keahlian dalam mengembangkan sektor kesehatan. Kerja sama ini diatur dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua pihak pada Juni 2020 lalu.
 
Dalam kegiatan lokakarya ini Kemenkes dan para pakar kesehatan internasional saling bertukar pemahaman mengenai pengembangan pelayanan kesehatan berbasis digital serta penerapan telemedicine.
 
"Telemedicine berbasis komunitas sangatlah penting bagi Indonesia yang merupakan negara keempat dengan populasi terbesar dunia. Indonesia memiliki berbagai potensi yang dibutuhkan untuk mengembangkan layanan dan teknologi kesehatan digital," kata staf ahli bidang teknologi kesehatan dan globalisasi Kemenkes, Dr. Achmad Yurianto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari pernyataan Kedutaan Inggris di Jakarta, Rabu, 4 November 2020, kegiatan ini bertujuan mendukung Kemenkes dalam menyusun berbagai peraturan terkait telemedicine, serta mengembangkan sektor ini lebih lanjut dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang lebih optimal ke seluruh masyarakat Indonesia.
 
Selain itu, bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana negara lain mengembangkan dan memanfaatkan telemedicine di negara mereka dan pelajaran yang bisa diambil Indonesia dalam mengembangkan pelayanan kesehatan berbasis digital ini.
 
"Saat ini, Kemenkes sedang berusaha sekuat tenaga untuk mengembangkan platform telemedicine untuk membuka akses pelayanan kesehatan yang aman, nyaman dan berkualitas seluas-luasnya bagi seluruh warganya di penjuru Nusantara. Program ini kami sebut SehatPedia," imbuh dia.
 
Acara ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kominfo, BSSN, berbagai rumah sakit dan puskesmas, Asosiasi Telemedicine Indonesia (Atensi), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dan juga akademisi dari beberapa universitas.
 
"Kita semua sedang dan terus mengakselerasi penggunaan pelayanan jasa kesehatan dan konsultasi jarak jauh guna meningkatkan keamanan dan mengurangi resiko penyebaran virus korona (covid-19). Inggris bangga akan inovasinya dalam sektor kesehatan digital dan sangat senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan Indonesia," seru Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins.
 
"Peraturan telemedicine yang tertata dengan baik sangat penting bagi pengembangan telemedicine dan penguatan jasa kesehatan digital saat ini dan di masa yang akan datang. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sektor ini," imbuh dia.
 
(AZF)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif