PM ke-8 Malaysia, Muhyiddin Yassin. (Foto: Wazari Wazir/Department of Information of Malaysia/AFP)
PM ke-8 Malaysia, Muhyiddin Yassin. (Foto: Wazari Wazir/Department of Information of Malaysia/AFP)

PM Malaysia Tunda Sidang Parlemen Hingga Mei

Internasional politik malaysia mahathir mohamad Muhyiddin Yasin
Willy Haryono • 04 Maret 2020 15:53
Kuala Lumpur: Perdana Menteri baru Malaysia Muhyiddin Yassin menunda awal sidang parlemen hingga dua bulan ke depan. Sidang perdana di parlemen Malaysia di bawah kepemimpinan PM Muhyiddin baru akan dimulai pada Mei mendatang.
 
"Saya telah menerima surat dari PM Muhyiddin. Sidang parlemen akan dimulai pada 18 Mei," ucap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Malaysia Mohamad Ariff Md Yusof, dilansir dari Al Jazeera, Rabu 4 Maret 2020. Alasan penundaan tidak disebutkan.
 
Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah telah menunjuk Muhyiddin sebagai PM baru usai bertemu semua anggota parlemen. Satu hari setelahnya, yakni pada Minggu 1 Maret, Muhyiddin resmi dilantik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelantikan Muhyiddin merupakan klimaks dari drama dan intrik politik di Malaysia yang melibatkan skema sekelompok politisi di dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) dan mundurnya Mahathir Mohamad dari jabatan PM.
 
Mahathir menyerukan sidang paripurna di parlemen Malaysia usai pelantikan Muhyiddin. Ia ingin membuktikan bahwa Muhyiddin tidak meraih mayoritas dukungan di parlemen Malaysia.
 
Muhyiddin pernah menjadi bagian dari Pakatan Harapan dan juga menduduki pos Menteri Dalam Negeri di bawah kepemimpinan Mahathir. Dalam kurun waktu sepekan, Muhyiddin membentuk sebuah koalisi baru yang meliputi United Malays National Organisation (UMNO), partai yang dikait-kaitkan dengan skandal korupsi mantan PM Najib Razak. Koalisi baru ini juga menggandeng partai konservatif Parti Islam Se-Malaysia (PAS).
 
GPS, sebuah partai dari Sarawak, mengaku akan mendukung Muhyiddin namun tidak akan menjadi bagian dari koalisi.
 
Sebelum menjadi Presiden Parti Pribumi Bersatu Malaysia, Muhyiddin berasal dari UMNO. UMNO adalah sebuah partai yang berasal dari koalisi berkuasa sebelumnya di Malaysia, Barisan Nasional.
 
Ia pernah menjadi wakil dari Perdana Menteri Najib Razak, sebelum akhirnya dipecat pada 2015 karena dinilai terlalu kritis terhadap skandal 1Malaysia Development Berhard (1MDB).
 
Usai dipecat, Muhyiddin kemudian bergabung dengan blok oposisi bersama Anwar Ibrahim dan Mahathir Mohamad untuk membentuk koalisi Pakatan Harapan (PH). Pakatan Harapan kemudian berhasil menang dan mendepak Najib dari kekuasaan dalam pemilihan umum 2018.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif