Kabinet belum diumumkan dinilai menjadi kegagalan pertama PM Malaysia Anwar Ibrahim./AFP
Kabinet belum diumumkan dinilai menjadi kegagalan pertama PM Malaysia Anwar Ibrahim./AFP

Sepekan Dilantik Tapi Belum Punya Kabinet, Anwar Gagal Jadi PM Malaysia?

Marcheilla Ariesta • 02 Desember 2022 17:16
Petaling Jaya: Seorang pemimpin Parti Islam Se-Malaysia (PAS) mengklaim, Perdana Menteri Anwar Ibrahim gagal membentuk Kabinet. Pasalnya, belum ada pengumuman Kabinet setelah lebih dari seminggu ia dilantik.
 
Menurut Anggota Pengurus Pusat PAS Zuhdi Marzuki, ini adalah kegagalan pertama Anwar saat berada di posisi teratas.
 
Ia mempertanyakan bagaimana pemerintah bersiap menghadapi kemungkinan banjir disertai hujan deras berkepanjangan yang diperkirakan akan berlangsung sepekan mendatang tanpa administrasi yang 'lengkap'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Free Malaysia Today, Jumat , 2 Desember 2022, ia menanyakan bagaimana dana darurat akan dikeluarkan selama krisis atau keadaan darurat untuk misi penyelamatan dan bantuan untuk korban banjir jika belum ada menteri yang ditunjuk.
 
Ia juga mempertanyakan bagaimana dana tersebut akan dikelola.
 
Dalam sebuah unggahan Facebook, Zuhdi juga mengatakan, pemerintah harus membuat keputusan penting selama bencana seperti banjir, menambahkan bahwa tidak bijaksana jika perdana menteri hanya membuat panggilan seperti itu.
 
"Pakatan Harapan (PH) blak-blakan menolak pelaksanaan pemilihan umum karena kemungkinan banjir. Sekarang, banjir bisa segera terjadi, tapi perdana menteri belum menyiapkan mesinnya," kata Zuhdi.
 
"Selain itu, keterlambatan Anwar dalam membentuk pemerintahannya juga bisa menunda pengajuan APBN 2023. Apa jadinya jika APBN tetap tidak disahkan tahun depan?" lanjut dia.
 
Menurutnya, Anwar sangat lamban dalam menamai Kabinetnya. Padahal, katanya, Negeri Jiran dalam keadaan sulit saat ini.
 
"Yang jelas, dia lebih sibuk dengan kegiatan sosial daripada mengaktifkan mesin pemerintahannya dengan cepat.  Hanya dalam seminggu, dia telah membuat kegagalan pertamanya," katanya.
 
Anwar bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong pagi ini selama hampir satu jam dan diyakini telah menyampaikan usulan kabinetnya. Dia diperkirakan akan mengungkap susunan Kabinetnya hari ini.
 
Baca juga: Anwar Akan Umumkan Kabinet Malaysia Sore Ini
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif