Menlu Retno sampaikan prioritas keketuaan Indonesia di G20./Tangkapan layar Zoom
Menlu Retno sampaikan prioritas keketuaan Indonesia di G20./Tangkapan layar Zoom

Keketuaan Indonesia di G20 Bawa Harapan Besar Bagi Negara Berkembang Lainnya

Marcheilla Ariesta • 17 Maret 2022 15:42
Jakarta: Indonesia memegang Presidensi G20 tahun ini. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut mempromosikan prioritas kepresidenan Indonesia di G20 pada Menteri Kabinet Kenya, Raychelle Omamo di Jakarta.
 
"Saya berbagi prioritas Kepresidenan Indonesia di G20 untuk menciptakan arsitektur kesehatan global yang lebih kuat, transisi energi dan transformasi digital," kata Retno dalam pernyataan pers bersama di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.
 
Retno menuturkan, Indonesia bertujuan untuk mendukung pemulihan global yang lebih inklusif. Indonesia juga berharap dengan keketuaan ini, dapat membantu dan menjembatani suara negara berkembang dan kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya juga menggarisbawahi bahwa inklusivitas adalah semangat utama presidensi Indonesia," ujarnya.
 
Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Tidak Bahas Krisis Rusia-Ukraina, Tiongkok Beri Dukungan
 
Karenanya, Indonesia telah mengundang Ketua Africa Union dan organisasi lain di Afrika, serta perwakilan negara pulau kecil sebagai undangan selama keketuaan di G20.
 
Dalam kesempatan yang sama Omamo mengatakan, negaranya mendukung Indonesia sebagai ketua G20. Ia menambahkan, sangat senang saat berada di Indonesia saat menjabat posisi tersebut.
 
"Indonesia selalu merangkul selatan dan menjadi pusat energi di kawasan kami," tuturnya.
 
"Kami berharap kepresidenan Indonesia di G20 akan memungkinkan aspirasi kami untuk dunia yang lebih adil dan setara di era pasca covid-19 akan terwujud," pungkas Omamo.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif