Demonstran memblokade sejumlah ruas jalan utama di La Paz, Bolivia, 11 November 2019. (Foto: AFP/AIZAR RALDES)
Demonstran memblokade sejumlah ruas jalan utama di La Paz, Bolivia, 11 November 2019. (Foto: AFP/AIZAR RALDES)

Ratusan Pendukung Morales Menuju Ibu Kota Bolivia

Internasional bolivia
Willy Haryono • 12 November 2019 07:46
La Paz: Ratusan pendukung mantan presiden Evo Morales bergerak menuju La Paz, ibu kota administratif Bolivia pada Senin 11 November. Mereka beramai-ramai datang usai Morales mengundurkan diri satu hari sebelumnya.
 
Menurut keterangan seorang jurnalis AFP, ratusan orang itu terpantau bertolak dari kota El Alto. Sejumlah toko di kota tersebut tutup lebih cepat di tengah pergerakan massa ini.
 
Sementara itu tokoh oposisi Bolivia, Carlos Mesa, mengaku khawatir rumahnya akan diserang sekelompok orang. Ia pun meminta tolong kepada polisi via Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada sekelompok massa brutal yang bergerak menuju rumah saya," tulis Mesa.
 
Kepala Kepolisian La Paz Kolonel Jose Barrenechea meminta bantuan militer Bolivia untuk turun tangan. Sejauh ini, militer Bolivia menolak ikut campur karena menilai masalah seputar mundurnya Morales adalah isu politik.
 
Barrenechea meminta panglima militer Jenderal Williams Kaliman untuk turun tangan karena jumlah aparat kepolisian tidak sebanding dengan para demonstran dan simpatisan Morales.
 
Sejumlah barak polisi di Bolivia telah dibakar atau dijarah usai Morales mengundurkan diri.
 
Mundurnya Morales pada Minggu 10 November membuat Bolivia mengalami vakum kekuasaan. Keputusan mundur diambil Morales setelah dirinya kehilangan dukungan dari militer dan juga kepolisian.
 
Unjuk rasa di Bolivia dipicu tudingan kubu oposisi bahwa proses penghitungan suara dalam pemilu bulan lalu dipenuhi kecurangan.
 
Negara sahabat Bolivia, Meksiko, mengaku telah memberikan suaka kepada Morales. Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengaku permohonan suaka disampaikan langsung Morales via sambungan telepon.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif