Sekelompok pemuda berunjuk rasa di Baghdad, Irak, 5 Desember 2019. (Foto: Ahmad Al-Rubaye/AFP)
Sekelompok pemuda berunjuk rasa di Baghdad, Irak, 5 Desember 2019. (Foto: Ahmad Al-Rubaye/AFP)

DK PBB Minta Kubu Bertikai di Irak Menahan Diri

Internasional konflik irak irak krisis irak
Willy Haryono • 15 Desember 2019 08:08
New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan kubu bertikai di Irak untuk menahan diri. Demonstran maupun aparat keamanan di Irak diminta tidak melakukan aksi kekerasan atau penghancuran.
 
Menurut pernyataan resmi, dikutip dari laman Xinhua, Sabtu 14 Desember 2019, DK PBB mengekspresikan "kekhawatiran mendalam" atas tewasnya banyak orang dalam gelombang aksi protes di Irak. DK PBB juga menyayangkan penangkapan acak yang dilakukan aparat keamanan Irak terhadap demonstran.
 
DK PBB mengakui hak warga untuk berunjuk rasa di Irak, dan menyerukan otoritas setempat untuk melakukan investigasi transparan terhadap dugaan penggunaan kekerasan berlebih oleh polisi terhadap pedemo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, DK PBB juga mengaku khawatir atas dugaan keterlibatan sejumlah grup bersenjata dalam penculikan dan pembunuhan di luar jalur hukum di Irak.
 
Demonstrasi massa berlanjut di Baghdad dan beberapa kota lainnya di Irak pusat serta selatan sejak awal Oktober. Tuntutan demonstran di antaranya reformasi komprehensif, pemberantasan korupsi, perbaikan layanan publik dan pembukaan lapangan pekerjaan.
 
Menurut laporan sejumlah sumber, lebih dari 400 orang telah tewas sejak unjuk rasa di Irak meletus dua bulan lalu.
 
Selain PBB, Paus Fransiskus juga mengecam keras tindakan aparat keamanan Irak yang dinilai terlalu berlebihan dalam merespons demonstran.
 
"Saya sedih saat mengetahui bahwa aksi demonstrasi (di Irak) disambut respons keras, yang menelan puluhan korban," kata Fransiskus dalam sebuah prosesi misa. Fransiskus mengaku ingin mengunjungi Irak tahun depan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif