NEWSTICKER
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Berikan Grasi kepada Sejumlah Tokoh Ternama AS

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 19 Februari 2020 12:44
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan grasi kepada sejumlah tokoh ternama di AS. Salah satu yang mendapat grasi adalah Rod Blagojevich, pria yang dijebloskan ke penjara karena berusaha menjual kursi kosong Senat di masa kepemimpinan presiden Barack Obama.
 
Kepada awak media, Trump mengumumkan pemberian grasi sebelum naik ke pesawat kepresidenan Air Force One. Ia mengampuni Blagojevich usai melihat permohonan yang disampaikan keluarganya di sebuah program televisi.
 
"Dia (Blagojevich) bisa kembali ke keluarganya usai delapan tahun mendekam di penjara. Menurut saya, vonis terhadapnya tidak masuk akal," ucap Trump, dilansir dari NZ Herald, Rabu 19 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Blagojevich, 62, divonis 14 tahun penjara atas tuduhan menjual kursi senat sejak didakwa dalam kasus tersebut pada 2011.
 
Sejak 2018, Trump telah berulang kali mengungkapkan keinginannya untuk memberikan grasi kepada Blagojevich. Ia menilai mantan gubernur Illinois itu telah diperlakukan secara tidak adil.
 
Blagojevich disadap Biro Investigasi Federal (FBI) dan diketahui hendak menjual kursi kosong di Senat AS. Dalam penyadapan itu, Blagojevich disebut FBI mengatakan bahwa kursi senat merupakan sebuah "hal berharga" yang tidak bisa "diberikan begitu saja tanpa imbalan."
 
Selain Blagojevich, Trump juga memberikan grasi kepada Bernie Erik, seorang mantan komisioner polisi New York dan Michael Milken, pejabat era 1980-an.
 
Edward DeBartolo, mantan pemilik tim San Francisco 49ers, juga diberikan grasi. Secara total, grasi yang diberikan Trump mencapai sebelas.
 
Sebelas grasi ini merupakan jumlah terbesar yang pernah dikeluarkan Trump dalam waktu bersamaan. Namun angka tersebut sangatlah kecil dari sekitar 13 ribu orang di AS yang masih menanti respons presiden atas permohonan grasi mereka.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif