Kebakaran bernama Cave Fire berkobar di wilayah perbukitan Santa Barbara, California, AS, Selasa 26 November 2019. (Foto: AFP/KYLE GRILLOT)
Kebakaran bernama Cave Fire berkobar di wilayah perbukitan Santa Barbara, California, AS, Selasa 26 November 2019. (Foto: AFP/KYLE GRILLOT)

Kebakaran Hutan Terbaru Berkobar di California

Internasional kebakaran hutan california
Willy Haryono • 27 November 2019 07:39
California: Ratusan petugas berusaha memadamkan sebuah kebakaran hutan terbaru yang berkobar di dekat Santa Barbara, California, Amerika Serikat, Selasa 26 November 2019.
 
Kebakaran bernama "Cave Fire" ini mulai berkobar sejak Senin 25 November di Hutan Nasional Los Padres. Luas lahan yang dilalap Cave Fire terus bertambah hingga mencapai hampir 1.740 hektare hanya dalam semalam. Api terus meluas ke wilayah padat penduduk di Santa Barbara, Goleta dan beberapa permukiman lain.
 
Perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk 2.300 rumah, atau 5.500 orang di sekitar area berkobarnya Cave Fire. Helikopter dan pesawat penyiram air telah dikerahkan untuk membantu 600 petugas pemadam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cave Fire berkobar di tengah kondisi paling sulit dalam upaya pemadaman manapun di dunia ini," ujar Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Hutan Taman Nasional Los Padres, Jimmy Harris.
 
"Kami kesulitan memadamkan api karena adanya tiupan angin kencang. Angin telah membuat 'perilaku' api menjadi sulit dikendalikan seperti tadi malam," sambung dia.
 
Ia menambahkan, angin juga membuat petugas kesulitan karena api terkadang terdorong ke arah bawah perbukitan, namun bisa kembali merembet ke arah sebaliknya.
 
Otoritas California mengaku belum dapat menentukan penyebab pasti berkobarnya Cave Fire. Hingga Selasa siang, petugas pemadam belum dapat mengendalikan laju pergerakan Cave Fire. Namun sebuah badai yang diproyeksikan melanda California diharapkan dapat membantu memadamkan api.
 
Meski hujan dapat membantu petugas, otoritas California memperingatkan bahwa jika intensitasnya terlalu tinggi, banjir bandang bisa saja terjadi.
 
Sheriff Santa Barbara County Bill Brown mengatakan sekitar 4.000 orang yang telah diminta mengungsi mungkin bisa kembali ke rumah mereka masing-masing pada Selasa sore atau malam.
 
Serangkaian kebakaran melanda California bulan lalu, yang telah menghancurkan sejumlah rumah dan kebun anggur serta memicu evakuasi ribuan orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif