Josh Bratchley terlibat dalam tim penyelamatan tim sepakbola remaja Thailand. (Foto: AFP).
Josh Bratchley terlibat dalam tim penyelamatan tim sepakbola remaja Thailand. (Foto: AFP).

Penyelam Inggris Penyelamat Bocah Thailand Terjebak di Gua

Internasional inggris thailand
Arpan Rahman • 19 April 2019 07:42
Tennessee: Seorang penyelam Inggris yang pernah membantu menyelamatkan tim sepak bola junior dari sebuah gua di Thailand kini telah ditolong dari terowongan banjir di Amerika Serikat. Ia selama lebih dari satu hari terjebak di bawah tanah.
 
Josh Bratchley gagal kembali ke permukaan dengan sisa kelompoknya setelah mereka muncul dari sebuah gua di Jackson County, Tennessee, sekitar pukul 15:00 waktu setempat pada Selasa.
 
Menyusul beberapa upaya menemukannya, sesama penyelam memperingatkan layanan darurat sekitar pukul 01:00 waktu setempat pada Rabu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyelam ahli diterbangkan dari Arkansas dan Florida dan pertolongan penyelamatan dimulai sekitar pukul 18:00 Rabu. Pihak berwenang mengatakan dia berhasil diselamatkan sekitar satu jam kemudian.
 
"Dia terjaga, waspada, dan berorientasi," kata pejabat penyelamat Derek Woolbright dalam konferensi pers. "Satu-satunya permintaannya ketika dia sampai di permukaan adalah dia ingin pizza," serunya, dikutip dari Guardian, Jumat, 19 April 2019.
 
Bratchley dievaluasi oleh kru medis di tempat kejadian dan ditemukan stabil. Dia menolak perawatan medis dan transportasi.
 
Penyelam itu dipuji karena ketenangannya oleh letnan Brian Krebs, dari Chattanooga Hamilton County Rescue Services.
 
Penyelam penyelamat Edd Sorenson menambahkan: "Saya bisa menemukannya lebih cepat, tetapi saya melihat setiap sudut dan celah mencari mayat."
 
"Ada garis putus-putus dan itu adalah gua rendah yang sangat berlumpur dan berbahaya. Kami datang ke sebuah kantong udara dan mengejutkannya di sana, setenang mungkin. Dia hanya berkata 'terima kasih, terima kasih. Kamu siapa?'" cetusnya.
 
Bratchley adalah bagian dari tim ahli penyelaman gua Inggris yang membantu menyelamatkan 12 anak sekolah dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang banjir di Thailand tahun lalu.
 
Sebagai ahli meteorologi berdasarkan pengalaman, ia kemudian mendapat kehormatan yang digelar oleh perdana menteri di Downing Street dan diberi gelr aMBE dalam daftar Anugerah Tahun Baru 2019.
 
Bill Whitehouse, wakil ketua Dewan Penyelamatan Gua Inggris, mengatakan Bratchley memasuki Gua Mill Pond pada Selasa untuk menggantikan sebuah pedoman.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif