Sebuah sesi di Kongres Peru di Lima, 15 Desember 2017. (Foto: AFP/THEO CABIZ)
Sebuah sesi di Kongres Peru di Lima, 15 Desember 2017. (Foto: AFP/THEO CABIZ)

Kongres Peru akan Diskusikan Pemakzulan Presiden

Willy Haryono • 16 Desember 2017 17:00
Lima: Kongres Peru sepakat mempertimbangkan opsi memakzulkan Presiden Pedro Pablo Kuczynski pekan mendatang atas tuduhan dirinya menerima suap dari perusahaan besar asal Brasil, Odebrecht. 
 
Sebanyak 93 dari 118 anggota legislatif yang hadir mendukung rencana menggelar diskusi pemakzulan pada 21 Desember mendatang.
 
"Keputusan ini akan dikomunikasikan kepada presiden agar dia dapat menggunakan haknya untuk membela diri dan mendatangkan pengacara jika memang diperlukan," kata Luis Galarreta, kepala dari Kongres Peru, seperti disitat AFP, Jumat 15 Desember 2017. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemakzulan Kuczynski membutuhkan dukungan dari sedikitnya 87 dari total 130 anggota parlemen Peru. 
 
Partai Kekuatan Populer, yang mendominasi legislatif Peru, telah mengingatkan bahwa proses pemakzulan dapat dimulai jika presiden tidak mengundurkan diri pada Kamis pekan depan. 
 
Namun Kuczynski tidak mengindahkan ultimatum tersebut. 
 
"Saya tidak akan mundur dari kehormatan atau nilai-nilai serta tanggung jawab saya sebagai presiden," ujar Kuczynski dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi.
 
"Saya tidak akan lari dan bersembunyi, karena memang tidak memiliki alasan untuk hal tersebut," lanjut dia, yang berjanji kooperatif dengan jalannya penyelidikan oleh Kongres dan kantor Jaksa Agung Peru.
 
"Perbaikan demokrasi di negara kita ini harus dibayar dengan harga mahal, dan kita tidak boleh merusaknya," ungkap Kuczynski.
 
Odebrecht, perusahaan konstruksi asal Brasil, mengaku telah membayar Kuczynski lima juta dolar atas jasa konsultasi antara 2004 dan 2013. Selama periode tersebut, Kuczynski adalah menteri ekonomi dan kepala kabinet presiden saat itu, Alejandro Toledo.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif