Ratusan Warga Peru Berunjuk Rasa Dukung Fujimori
Ratusan warga Peru berunjuk rasa mendukung Fujimori di Lima, 12 Januari 2018. (Foto: AFP/ERNESTO BENAVIDES)
Lima: Ratusan warga Peru berunjuk rasa di Lima, Jumat 12 Januari 2018, dalam mendukung pengampunan terhadap mantan presiden Alberto Fujimori. 

Mengibarkan bendera Peru dan memegang foto Fujimori serta Presiden Pedro Pablo Kuczynski yang memberikan pengampunan, ratusan warga berjalan di berbagai ruas jalan ibu kota Peru. 

"Wahai sahabatku, Peru bersama Anda!" teriak salah satu pendukung Fujimori, seperti dikutip AFP


Fujimori telah menjalani vonis 25 tahun penjara atas pembunuhan massal dan pelanggaran hak asasi manusia saat dirinya menjadi presiden dari 1990 hingga 2000. Di tengah perjalanan vonisnya, ia mendapat pengampunan. 

Pria 79 tahun itu dihormati banyak warga Peru atas perjuangannya mengalahkan gerilyawan sayap kiri Shining Path saat menjadi presiden. 

Baca: Usai Diampuni, Fujimori Dirawat akibat Masalah Lambung

Langkah mengampuni Fujimori diambil Kuczynski beberapa hari usai anak Fujimori, Kenji, abstain dalam pemungutan suara terkait pemakzulan Kuczynski.

Beberapa anggota parlemen mengikuti langkah Kenji, sehingga oposisi kehilangan suara yang dibutuhkan untuk melengserkan Kuczynski.

Kamis kemarin, ribuan warga Peru turun ke jalanan untuk mendesak Kuczynski mundur dari jabatannya. 

Keluarga korban kekejaman Fujimori mencoba meruntuhkan pengampunan terhadap Fujimori ke Pengadilan HAM Inter-Amerika yang berada di Kosta Rika.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id