Gunung berapi Popocatepetl menyemburkan abu vulkanik pada 2 Desember 2018. (Foto: AFP/RODRIGO ARANGUA)
Gunung berapi Popocatepetl menyemburkan abu vulkanik pada 2 Desember 2018. (Foto: AFP/RODRIGO ARANGUA)

Gunung Popocatepetl Erupsi, Meksiko Terapkan Status Waspada

Internasional gunung berapi meksiko
Arpan Rahman • 20 Maret 2019 16:10
Cuernavaca: Pemerintah Meksiko menerapkan status waspada setelah gunung berapi Popocatepetl erupsi dalam dua dari tiga hari terakhir.
 
Seperti dilaporkan media El Sol de Cuernavaca, erupsi terbaru terjadi pada Senin malam kemarin, yang menyemburkan abu vulkanik hingga hampir satu kilometer ke udara dan lava pijar dalam radius 2,5 km.
 
Dilansir dari laman UPI, Selasa 19 Maret 2019, kuatnya guncangan membuat kaca jendela beberapa rumah di Puebla bergetar. Puebla berlokasi sekitar 48 km dari gunung Popocapetl.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerardo Reyes, seorang koordinator urusan darurat di Cuernavaca, mengatakan bahwa aktivitas seismik Popocatepetl saat ini masuk kategori untuk menerapkan status waspada level kuning.
 
Level ini artinya erupsi dapat terjadi dan asap vulkanik dapat melanda beberapa daerah di dekatnya.
 
Meski terjadi erupsi, sejumlah sekolah di Puebla dan beberapa kota lainnya tetap dibuka.
 
Padahal, otoritas setempat telah memerintahkan warga untuk menjauhi area kawah gunung Popocatepetl dan mengabaikan sejumlah rumor yang berpotensi memicu kepanikan.
 
Gunung berapi Popocatepetl berlokasi di negara bagian Morelos dan Puebla di Meksiko pusat. Memiliki tinggi 5.425 meter, Popocatepetl adalah gunung tertinggi kedua di Meksiko setelah Citlaltepetl.
 
Pico de Orizaba, nama puncak Popocatepetl, biasa dipenuhi para pendaki gunung. Puncak gunung Popocatepetl disebut-sebut dapat dilihat dari kapal yang berlayar di Teluk Meksiko.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif