NEWSTICKER
Jimmy Morales, salah satu capres, menggunakan hak pilihnya dalam pilpres di Mixco, Guatemala, 6 September 2015. (Foto: AFP / Marvin RECINOS)
Jimmy Morales, salah satu capres, menggunakan hak pilihnya dalam pilpres di Mixco, Guatemala, 6 September 2015. (Foto: AFP / Marvin RECINOS)

Pelawak Ini Kandidat Terkuat Presiden Guatemala

Internasional politik guatemala
Willy Haryono • 09 September 2015 15:48
medcom.id, Guatemala City: Kejutan datang dari pemilihan umum Presiden Guatemala, yang dilangsungkan setelah Presiden Otto Perez Molina mundur dari jabatannya terkait skandal korupsi.
 
Dalam pilpres akhir pekan kemarin, komedian Jimmy Morales meraih hasil tertinggi dari kandidat lainnya, yakni sebesar 24 persen. Morales pun berpeluang besar memenangkan pilpres putaran kedua pada 25 Oktober mendatang.
 
"Saya bukan seseorang yang memiliki banyak pengalaman," aku Morales setelah hasil pilpres putaran pertama keluar, seperti dikutip nbcnews.com, Selasa (8/9/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun yang dibutuhkan Guatemala saat ini adalah percaya pada diri sendiri," sambung dia.
 
Peluang Morales menjadi presiden terbantu momentum mundurnya Molina. Pekan lalu, seorang hakim mencabut kekebalan hukum Molina, yang akhirnya berujung pada pengunduran diri.
 
Morales bertekad memerangi korupsi yang sudah terlalu merajalela di negaranya.
 
"Jika kita tidak mengatasi korupsi, tidak akan ada uang untuk sektor kesehatan, untuk pendidikan, atau untuk infrastruktur," tutur Morales dalam sebuah konferensi pers.
 
Dua rival yang akan bertarung dengan Morales di pilpres putaran kedua adalah politisi Manuel Baldizon dan mantan Ibu Negara Sandra Torres.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif