Stand produk Indonesia dalam pameran Expo ANTAD & Alimentaria 2016 di Guadalajara, Meksiko, Maret 2016. (Foto: KBRI Mexico City)
Stand produk Indonesia dalam pameran Expo ANTAD & Alimentaria 2016 di Guadalajara, Meksiko, Maret 2016. (Foto: KBRI Mexico City)

Produk Makanan dan Minuman Indonesia Unjuk Gigi di Meksiko

21 Maret 2016 10:13
medcom.id, Guadalajara: Keikutsertaan perusahaan makanan dan minuman dari Tanah Air dalam Expo ANTAD & Alimentaria 2016 merupakan langkah konkret Indonesia untuk merebut pangsa pasar di Meksiko yang berpenduduk 125 juta jiwa. 
 
"Kekuatan Indonesia terletak pada tampilan, rasa dan kesamaan sosial budaya dengan Meksiko, sehingga memberikan harapan untuk masuk ke pasar beberapa negara bagian di Meksiko yang memang menyukai produk Indonesia yang ditampilkan," demikian disampaikan Dubes RI untuk Meksiko, Yusra Khan, dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (20/3/2016).
 
Sebanyak empat perusahaan produk makanan dan minuman Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran pameran makanan dan minuman terbesar di Meksiko, Expo ANTAD & Alimentaria 2016 di Guadalajara, Meksiko pada 16-18 Maret. Keempat perusahaan tersebut adalah PT. Internusa Food, PT Kaldu Sari Nabati Indonesia, PT Mayora Indah, dan Jans Enterprises. 

Pameran Expo ANTAD & Alimentaria 2016 termasuk salah satu pameran dagang yang terbesar dan berpengaruh di Meksiko dan Amerika Latin. Tahun ini untuk pertama kalinya, selain memamerkan alat-alat industri dan komersial, ANTAD juga menampilkan produk makanan dan minuman. Terdapat lebih dari 2.400 eksibitor dari 45 negara turut serta dalam pameran ANTAD & Alimentaria tahun ini.
 
Sebelum pembukaan pameran, pada tanggal 15 Maret 2016 perusahaan-perusahaan Indonesia berkesempatan bertatap muka dengan beberapa perusahaan Meksiko dalam sebuah breakfast meeting yang diselenggarakan KBRI Mexico City dan ITPC Meksiko. Dalam kesempatan tersebut, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memaparkan mengenai perusahaan dan produknya masing-masing kepada perusahaan makanan dan minuman terkemuka di Meksiko. 
 
Kegiatan breakfast meeting ini disambut antusias perusahaan-perusahaan Meksiko yang dapat langsung mengenal dan berinteraksi dengan mitra potensialnya dari Indonesia.
 
Dalam tinjauannya ke paviliun Indonesia, Dubes Yusra menyampaikan harapannya agar perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memanfaatkan pasar Meksiko yang sangat potensial bagi produk makanan dan minuman Indonesia.  
 
Beliau juga menyampaikan bahwa transaksi yang akan dicapai pada pameran ini dipastikan akan mendorong nilai perdagangan antara Indonesia dengan Meksiko. 
 
Selain berpartisipasi dalam pameran, para pengusaha Indonesia tersebut juga diajak untuk mengunjungi berbagai supermarket dan pasar-pasar tradisional di Guadalajara. Hal ini bertujuan agar mereka dapat langsung mengamati dan mengenal karakter pasar produk makanan dan minuman di Meksiko, dan mendeteksi peluang serta tantangan bagi produk-produk mereka untuk menembus pasar Meksiko.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WIL)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan