Pemimpin oposisi di Venezuela, Juan Guaido. (Foto: AFP)
Pemimpin oposisi di Venezuela, Juan Guaido. (Foto: AFP)

Satu Jam Ditahan, Pemimpin Oposisi Venezuela Bebas

Internasional venezuela
Sonya Michaella • 14 Januari 2019 10:23

Caracas: Setelah kurang lebih satu jam ditahan, akhirnya pemimpin partai oposisi di Venezuela Juan Guaido, dibebaskan. Sebelum ditahan, ia sempat ditarik keluar dari kendaraannya oleh sejumlah pria.
 
Dalam sebuah video yang beredar di sosial media, sejumlah pria tersebut menggunakan topeng hitam dan menarik Guaido dari mobilnya ketika sedang berkendara ke Caraballedas, utara Caracas. Setelah itu, Guaido ditahan di kantor polisi.
 
Berita bebasnya Guaido pertama kali diumumkan oleh istrinya, Fabiana Rosales lewat Twitter. Ia berterima kasih karena warga Venezuela masih bereaksi dan mendukung suaminya yang menjadi korban kediktatoran Pemerintah Venezuela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari BBC, Senin 14 Januari 2019, penahanan ini dilakukan usai Guaido mengatakan dirinya tak terima dengan pelantikan Nicolas Maduro untuk kedua kalinya menjadi Presiden Venezuela. Ia juga mengatakan siap menggantikan Maduro menjadi presiden.
 
Baca:Nicolas Maduro Resmi Dilantik Pimpin Venezuela
 
Selain itu, pihak oposisi juga menyatakan pelantikan Maduro tidak sah dan Guaido dipersiapkan untuk mengambil alih kepresidenan untuk sementara waktu.
 
Tak hanya Guaido, dua jurnalis yang meliput kasus ini juga turut ditahan. Mereka adalah Beatriz Adrian dari stasiun televisi Caracol Kolombia dan Osmary Hernandez dari CNN Spanyol.
 
Meski demikian, Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez menentang tindakan ini. Menurutnya, badan intelijen dan polisi telah bertindak secara sepihak.
 
Secara tersirat, Rodriguez mengisyaratkan bahwa pemerintah telah kehilangan kendali atas pasukan keamanannya sendiri.


 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi