Machu Picchu dibangun di puncak sebuah gunung di Peru. (Foto: AFP/CRIS BOURONCLE)
Machu Picchu dibangun di puncak sebuah gunung di Peru. (Foto: AFP/CRIS BOURONCLE)

Buang Air Besar di Machu Picchu, 6 Turis Ditangkap

Internasional peru
Willy Haryono • 14 Januari 2020 10:41
Cusco: Enam turis ditangkap atas tuduhan merusak warisan budaya Peru di Machu Picchu. Keenamnya diduga telah buang air besar di sebuah kuil suci di situs wisata ternama Peru tersebut.
 
"Keenam turis telah ditahan dan diinvestigas oleh kementerian publik atas dugaan kejahatan terhadap warisan budaya," kata Kepala Kepolisian Cusco, Wilbert Leyva, dikutip dari kantor berita Andina dan AFP, Senin 13 Januari 2020.
 
Mereka semua ditangkap pada Minggu 12 Januari, usai penjaga taman dan polisi melihat adanya enam turis di area terlarang di Kuil Matahari. Kuil tersebut merupakan salah satu situs penting kekaisaran Inca yang beberapa bagiannya tertutup bagi semua turis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah melihat adanya enam turis, petugas bergerak ke kuil tersebut dan menemukan kotoran manusia. Grup turis itu terdiri dari satu asal Prancis, dua Brasil, dua Argentina dan satu Chile.
 
Jika terbukti bersalah, maka keenamnya terancam dijatuhi vonis minimal empat tahun penjara atas tuduhan merusak kekayaan budaya Peru.
 
Machu Picchu -- yang meliputi tiga area berbeda untuk pertanian, perumahan dan seremoni keagamaan -- merupakan situs paling ikonik dari kekaisaran Inca di masa lalu. Inca menguasai banyak wilayah di Amerika Selatan selama 100 tahun, sebelum datangnya pasukan Spanyol di abad ke-16.
 
Memiliki arti "Gunung Tua," Machu Picchu berada di puncak sebuah gunung dan dibangun di bawah kepemimpinan kaisar Pachacuti (1438-1471). Situs wisata tersebut berlokasi sekitar 100 kilometer dari kota Cusco.
 
Penjelajah asal Amerika, Hiram Bingham, menemukan kembali Machu Picchu di tahun 1911. UNESCO mendeklarasikan Machu Picchu sebagai Warisan Budaya Dunia pada 1983.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif