Valentina Maureira (kiri) berfoto bersama Presiden Chile Michelle Bachelet. Valentina meminta sang presiden untuk mengizinkan dirinya disuntik mati - AFP / HO / PRESIDENCIA /
Valentina Maureira (kiri) berfoto bersama Presiden Chile Michelle Bachelet. Valentina meminta sang presiden untuk mengizinkan dirinya disuntik mati - AFP / HO / PRESIDENCIA /

Ingin Disuntik Mati, Gadis Remaja Minta Izin Presiden

Internasional kelainan genetik
Willy Haryono • 02 Maret 2015 15:49
medcom.id, Santiago: Seorang gadis remaja memohon Presiden Chile Michelle Bachelet untuk mengizinkan prosedur suntikan mati terhadap dirinya yang mengidap penyakit genetik. Permohonan ini dilontarkan Valentina Maureira dalam sebuah video yang ditonton ribuan orang di dunia maya.
 
Valentina menderita cystic fibrosis, sebuah kelainan genetik yang menyerang paru-paru dan beberapa organ lainnya. Hingga saat ini, dunia kedokteran belum menemukan obat atau metode efektif dalam menyembuhkan cystic fibrosis.
 
"Saya meminta untuk berbicara langsung dengan presiden, karena saya lelah harus hidup dengan penyakit ini," ucap Valentina dalam videonya, seperti dilansir bbc.com, Minggu (1/3/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Bachelet merespon panggilan Valentina dan mendatangi rumah sakit tempatnya dirawat. Juru bicara presiden mengatakan permohonan suntikan mati tidak dapat dikabulkan, namun pemerintah bersedia membayarkan perawatan psikologi,
 
Permohonan Valentina telah dilihat ribuan orang di media sosial. Perdebatan mengenai suntik mati pun menyeruak, yang hingga saat ini masih dilarang di bawah aturan hukum Chile.
 
Dalam pengakuannya, Valentina menyebut kakaknya meninggal dunia akibat penyakit yang sama saat dirinya masih berusia enam tahun. Oleh karena itu, Valentina tahu hal-hal buruk apa saja yang akan menimpa dirinya.
 
Orangtua Valentina mendukung permintaan sang anak. "Semua ini sangat sulit, tapi saya harus menghormati keputusannya karena dialah yang mengalami penyakit ini," ungkap ayah Valentina, Fredy, seperti dikutip Associated Press.
 
Cystic fibrosis menyerang paru-paru, dan salah satu gejalanya adalah membuat penderitanya sulit bernapas.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif