Presiden AS Donald Trump lolos dari pemakzulan. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump lolos dari pemakzulan. Foto: AFP

Trump Promosi Video Akan Jadi Presiden Selamanya

Internasional donald trump Pemakzulan Trump
Arpan Rahman • 06 Februari 2020 18:19
Washington: Donald Trump mempromosikan video aneh yang menunjukkan bahwa ia akan menjadi presiden '4eva' (untuk selamanya). Video itu dia bagikan sesaat setelah para anggota dewan memilih untuk mengakhiri persidangan pemakzulan.
 
Rekaman itu menunjukkan garis tanda kampanye Trump tidak pernah berakhir yang membentang ke masa depan. Video itu sebelumnya ia bagikan pada Juni.
 
Ini versi ‘manipulasi’ dari animasi Time, kata majalah itu, yang digunakan untuk menggambarkan artikel edisi Oktober yang menyarankan Trumpisme akan bertahan lama setelah presiden ke-45 meninggalkan jabatannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinukil dari The Independent, Kamis 6 Februari 2020, beberapa menit setelah Senat membebaskannya atas dua tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi keadilan, Trump menggunakan Twitter untuk membagikan kembali video tersebut dan menempelkannya di atas feed-nya.
 
Kali ini, jauh dari pertama kalinya Trump menegaskan dirinya akan menjabat lebih dari dua periode di Gedung Putih, yang secara tegas dilarang oleh Konstitusi Amerika Serikat.
 
Sementara ia mengaku bercanda hanya dengan tujuan mengacaukan kaum liberal, beberapa komentator menyimpulkan referensi video ulangannya untuk tetap menjabat presiden bisa menjadi upaya menormalkan ide tersebut sebelum membuat upaya serius.
 
Trump sebelumnya memparodikan reaksi yang dibayangkannya saat dia memegang kekuasaan, bercanda: "Begini, saya bilang dia adalah seorang diktator."
 
Trump memiliki sejarah yang sulit dengan majalah Time, yang mendaulatnya sebagai Person of the Year pada tahun 2016, seperti banyak presiden AS sejak terciptanya konsep itu pada 1927.
 
Tetapi pada 2017, muncul sampul palsu yang dimaksudkan untuk menunjukkan Trump dalam edisi 2009 tergantung di dinding setidaknya empat resor golfnya, dalam upaya nyata meyakinkan para tamu tentang relevansinya yang sejak lama ada.
 
Ketika Greta Thunberg memenangkan penghargaan pada Desember, tim presiden merilis versi sampul majalah yang telah diedit, dengan wajah Trump diedit ke badan aktivis iklim remaja Swedia tersebut.
 
Setelah menjadi presiden ketiga dalam sejarah yang dimakzulkan di DPR AS, para senator memutuskan untuk membersihkan semua kesalahan yang dilakukan Trump pada Rabu.
 
Senator Republik, Mitt Romney adalah satu-satunya senator yang memutuskan menentang, memberikan suara bahwa transaksi Trump di Ukraina merupakan penyalahgunaan kekuasaan.
 
Menjelang pembebasannya, presiden memberi pidato kenegaraan terakhirnya kecuali bila terpilih kembali -- berjam-jam setelah meraih kemenangan di kaukus Iowa dengan 97 persen suara dari Partai Republik, dan ketika jajak pendapat Gallup baru menempatkan peringkat persetujuannya pada titik tertinggi sepanjang masa, 49 persen.
 
Mengetahui suasana di Gedung Putih saat cobaan pemakzulan berakhir, tema pidato tahunan Trump adalah "mengembalikan Amerika yang hebat".
 
Setelah membagikan ulang animasi ‘Trump 4eva’, presiden mengumumkan bahwa dia akan membuat pernyataan pada Kamis di tengah hari ‘untuk membahas Kemenangan Negara kita melawan Hoax Pemakzulan!’
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif