Presiden AS Donald Trump dalam acara kampanye di Tupelo, Mississippi, 1 November 2019. (Foto: AFP / JIM WATSON)
Presiden AS Donald Trump dalam acara kampanye di Tupelo, Mississippi, 1 November 2019. (Foto: AFP / JIM WATSON)

Trump Ejek Politikus Demokrat yang Batal Nyapres

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 02 November 2019 13:25
Tupelo: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengejek Beto O'Rourke, beberapa jam usai politikus Partai Demokrat itu membatalkan pencalonan dirinya dalam pemilihan umum 2020.
 
Trump menggunakan kata-kata kasar saat mengejek, dan mengatakan Rourke telah "mundur seperti seekor anjing."
 
Rourke, mantan anggota Kongres asal Texas, adalah salah satu kritikus keras Trump usai terjadinya penembakan massal di kota kelahirannya di El Paso pada Agustus lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kala itu Rourke menyebut banyaknya korban jiwa dalam penembakan massal di El Paso adalah sebuah "konsekuensi" dari retorika anti-imigran Trump.
 
Jumat 1 November, Rourke mengatakan dirinya mundur dari pencalonan pilpres karena "tidak memiliki cukup sumber daya." Ejekan yang dilontarkan Trump kepada Rourke mirip dengan komentarnya terkait kematian pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi.
 
Saat mengumumkan kematian Baghdadi, Trump menyebut bos ISIS itu "mati seperti seekor anjing."
 
Berbicara dalam sebuah acara kampanye di Tupelo, Mississippi,Trump menyebut Rourke sebagai seorang "pria yang payah."
 
"Beto baru saja mundur dari persaingan pilpres, meski pernah berkata dirinya terlahir untuk bersaing," tulis Trump di Twitter, dikutip dari BBC, Sabtu 2 November 2019.
 
Tidak hanya Rourke, Trump juga menyerang Joe Biden -- kandidat utama calon presiden dari Demokrat. Ia memprediksi Biden juga akan "jatuh seperti sebuah batu" dan batal mengikuti pilpres 2020.
 
Mengenai penyelidikan pemakzulan, Trump meyakini "mayoritas" warga Amerika akan mendukung dirinya. Penyelidikan dimulai usai seorang pembocor rahasia mengungkapkan bahwa Trump pernah meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyelidiki Hunter Biden, anak Joe Biden.
 
Kembali ke Rourke, Biden dan sejumlah politisi Demokrat lainnya menyampaikan kata-kata dukungan. Biden menilai Rourke sebagai politikus yang telah menginspirasi banyak orang.
 
Elizabeth Warren, wanita yang juga merupakan salah satu kandidat capres dari Demokrat, memuji komitmen Rourke dalam "mengakhiri kekerasan senjata api.
 
Sementara Bernie Sanders, pria yang pernah bersaing mendapatkan nominasi capres Demokrat, berterima kasih kepada Rourke yang telah "menjalankan sebuah kampanye yang menyatukan jutaan warga Amerika."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif