NEWSTICKER
Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Pesawat Buang BBM di Lingkungan Warga, Siswa Terluka

Internasional amerika serikat pesawat
Fajar Nugraha • 15 Januari 2020 10:49
Los Angeles: Sebanyak enam puluh orang tersiram bahan bakar jet ketika sebuah pesawat membuang avtur, saat kembali ke Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Selasa, 14 Januari 2020. Bahan bakar itu menimpa lima sekolah dan satu sekolah menengah.
 
“Sekolah yang paling terpengaruh adalah Park Avenue Elementary di Cudahy, di mana 20 anak-anak dan 11 orang dewasa melaporkan luka ringan. Sekolah itu berlokasi sekitar 30 kilometer sebelah timur bandara,” ujar Inspektur Sean Ferguson dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Los Angeles mengatakan kepada CNN, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Sekolah lain yang terkena dampak adalah San Gabriel Elementary, Graham Elementary, Tweedy Elementary, 93rd Street Elementary, dan Jordan High School.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Beberapa orang yang terkena bahan bakar jet didekontaminasi dengan sabun dan air, tetapi tidak ada seorang pun di lokasi mana pun yang perlu dibawa ke rumah sakit,” ujar Sersan Rudy Perez dari Departemen Kepolisian Sekolah Los Angeles.
 
“Sekolah-sekolah secara singkat diubah menjadi tempat penampungan, tetapi tidak ada evakuasi,” imbuhnya.
 
Inspektur Pemadam Kebakaran Sky Cornell mengatakan, anak-anak itu diberi baju pengganti. Seraya menambahkan tidak ada laporan cedera dari orang lain di daerah itu.
 
Justin Guiti, siswa kelas lima di Park Avenue yang terkena siraman bahan bakar mengatakan, kepada CNN bahwa cairan itu kena seluruh tubuhnya dan teman-temannya, bahkan masuk ke matanya.
 
"Tetesan air turun. Saya pikir itu pelangi, dan saya melihat ke atas dan itu bensin," katanya.
 
Miguel Cervantes, siswa kelas enam, juga terkena dampaknya. Dia mengatakan kulitnya gatal sesudahnya.
 
"Kupikir itu asap. Tapi ketika turun, aku merasakannya dan baunya seperti bensin,” tutur Cervantes

Delta Airlines


Maskapai Delta Airlines menjadi tersangka utama dalam insiden ini. Mereka mengatakan, bahan bakar itu berasal dari Penerbangan 89, yang baru saja lepas landas dari Bandara LAX menuju Shanghai, Tiongkok. Masalah mesin yang mengharuskan pesawat untuk kembali dengan cepat ke LAX.
 
"Pesawat mendarat dengan selamat setelah pelepasan bahan bakar, yang diperlukan sebagai bagian dari prosedur normal untuk mencapai berat pendaratan yang aman," kata maskapai itu.
 
Menurut situs Delta, pesawat itu berjenis Boeing 777-200, dengan 288 kursi penumpang. Delta mengatakan telah menghubungi pihak berwenang bandara dan Pemadam Kebakaran Los Angeles, dan pihaknya menyatakan keprihatinan bagi mereka yang melaporkan cedera.
 
Sebuah video yang diposting di YouTube menunjukkan pesawat di atas kepala dengan garis-garis putih yang berasal dari ujung sayap. Alan De Leon, yang merekam video, mengatakan kepada CNN bahwa ia mendengar suara keras, mencium bau bahan bakar jet dan rasa tidak nyaman di matanya.
 
Otoritas Penerbangan Federal (FAA) mengatakan sedang menyelidiki insiden itu.

Pesawat dilarang buang bakar

David Soucie, seorang analis keselamatan penerbangan, mengatakan kepada CNN bahwa ada lepas landas maksimum dan bobot pendaratan untuk pesawat, sehingga agar sebuah pesawat dengan tangki bahan bakar penuh untuk mendarat. Pesawat harus membuang bahan bakar untuk menghindari kemungkinan tabrakan saat mendarat.
 
"Ada prosedur pembuangan bahan bakar khusus untuk pesawat yang beroperasi masuk dan keluar dari bandara utama AS," kata FAA.
 
"Prosedur-prosedur ini menyerukan agar bahan bakar dibuang di tempat-tempat yang tidak dihuni, yang biasanya berada di tempat yang lebih tinggi sehingga bahan bakar menguap dan menyebar sebelum mencapai tanah,” tegasnya.
 
Distrik Los Angeles Unified School District mengatakan pengawas kesehatan dan keselamatannya bekerja untuk memastikan area luar sekolah aman.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif