Prajurit Amerika Serikat melakukan penjagaan di perbatasan dengan Meksiko. (Foto: AFP).
Prajurit Amerika Serikat melakukan penjagaan di perbatasan dengan Meksiko. (Foto: AFP).

Bocah Imigran Banyak Telantar di Perbatasan AS-Meksiko

Internasional amerika serikat
Arpan Rahman • 26 April 2019 13:13
Washington: Agen patroli perbatasan Amerika Serikat menemukan seorang bocah lelaki berusia tiga tahun yang sedang menangis di ladang jagung Texas pada Selasa. Nama dan sebuah nomor telepon tertulis di sepatunya, kata badan Pabean dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP), Rabu.
 
Bocah itu ditelantarkan oleh sekelompok tersangka imigran ilegal yang menyeberang ke AS dari Meksiko dekat Brownsville, Texas, kata CBP.
 
"Ketika para agen berupaya mencegat kelompok itu, orang-orang asing yang dicurigai ilegal itu berpencar ke ladang yang bersemak," kata CBP dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis 25 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bocah itu, yang "sendirian dan menangis," ditemukan selama pencarian di lapangan dan dibawa ke rumah sakit setempat, di mana ia ditangani dalam kondisi baik, katanya.
 
Upaya untuk menemukan keluarganya sejauh ini belum berhasil. Dia dirawat di panti pemrosesan terpusat dan akan diserahkan ke tahanan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, kata CBP.
 
Menurut CBP, agen patroli perbatasan menangkap 92.607 orang di sepanjang perbatasan barat daya pada Maret, naik dari 66.884 pada Februari.
 
Di antara mereka yang ditangkap pada Maret adalah 8.975 anak yang tidak didampingi keluarga.
 
Presiden Donald Trump mengatakan pada Rabu bahwa AS akan mengirim tentara bersenjata ke perbatasan selatan setelah tentara Meksiko baru-baru ini "menembakkan senjata" pada pasukan AS, meningkatkan perang mulutnya dengan Meksiko tentang imigrasi.
 
Trump, yang menjadikan imigrasi sebagai inti pesan ke basis konservatifnya, juga mengatakan di Twitter bahwa "Karavan yang sangat besar dengan lebih dari 20.000 orang" sedang menempuh jalan melalui Meksiko menuju AS.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif