Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

11 Warga Tiongkok Diselundupkan Lewat Mesin Cuci ke AS

Internasional amerika serikat imigran gelap tiongkok
Marcheilla Ariesta • 12 Desember 2019 14:52
San Diego: Upaya penyelundupan manusia terungkap di perbatasan Amerika Serikat (AS). Otoritas perbatasan AS mengungkapkan ada 11 orang warga Tiongkok ditemukan di berbagai perabotan dan mesin cuci.
 
Kasus ini terungkap pada Senin 9 Desember lalu. Para warga Negeri Tirai Bambu itu disembunyikan dalam sebuah truk yang tiba dari Meksiko.
 
"Kami menemukan mereka dalam sebuah truk yang hendak menyeberang perbatasan San Ysidro di kota San Diego," kata Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CPB) AS dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia, Kamis 12 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"CBP menekankan sangat bahaya penyelundupan manusia. Ini adalah manusia yang diselundupkan ke dalam kondisi yang tidak manusiawi yang dapat memiliki konsekuensi mematikan, " kata Direktur Operasi Lapangan untuk Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan, San Diego, Pete Flores.
 
Flores menambahkan bahwa tidak ada yang terluka parah. Namun pengemudi truk, seorang warga negara AS berusia 42 tahun, ditangkap.
 
Sebelas warga Tiongkok itu juga ditahan pihak imigrasi AS. Mereka akan menghadapi proses pidana.
 
Ini bukan pertama kalinya upaya penyelundupan manusia dilakukan di pelabuhan masuk San Ysidro. Pada November lalu, pejabat perbatasan menemukan enam warga negara Tiongkok disembunyikan di dinding palsu truk yang bergerak.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif