Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut Donald Trump di perbatasan Korut-Korsel. Foto: AFP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut Donald Trump di perbatasan Korut-Korsel. Foto: AFP

Korut akan Berikan 'Kado Natal' untuk AS

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Marcheilla Ariesta • 03 Desember 2019 15:17
Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengingatkan Amerika Serikat tenggat waktu untuk tawaran perundingan nuklir. Mereka akan memberikan 'kado Natal' kepada AS tergantung hasil penawaran yang dibawa.
 
"Hadiah Natal dari Korea Utara akan diterima Amerika Serikat, tergantung pada apa yany dibawa ke meja perundingan," kata diplomat Korut, Ri Thae Song, dikutip dari Bloomberg, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Thae Song juga menuduh AS menggunakan diskusi denuklirisasi untuk 'situasi politik' di sana. Dia juga menuturkan bahwa Presiden Donald Trump memanfaatkan kedekatannya dengan pemimpin Kim Jong-un untuk menarik suara pemilihannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, seorang pejabat Korea Utara mengatakan mereka sudah tak tertarik lagi berdiskusi dengan AS terkait denuklirisasi.
 
Situasi di Semenanjung Korea kembali memanas usai gagalnya kesepakatan antara Korut dan AS di Vietnam awal tahun ini. Bahkan, sejak perundingan para delegasi kedua negara di Swedia, Oktober lalu, Korut malah beberapa kali melakukan uji coba nuklir kembali.
 
Namun, AS enggan mengatakan bahwa perundingan denuklirisasi terbaru kala itu mengalami kegagalan. Padahal, Pyongyang mengatakan Washington tidak menawarkan apapun ke meja perundingan.
 
Sebelumnya, usai gagalnya KTT AS-Korut kedua di Vietnam, Presiden Donald Trump bertemu lagi dengan pemimpin Kim Jong-un secara singkat di zona demiliterisasi pada Juni lalu. Negosiasi di Swedia merupakan diskusi formal pertama usai pertemuan singkat itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif