Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: AFP)
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: AFP)

Maduro Minta Pemilihan Kongres Digelar Lebih Awal

Internasional konflik venezuela venezuela
Sonya Michaella • 21 Mei 2019 07:53
Caracas: Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengusulkan pemilihan kongres Majelis Nasional, yang dipimpin oleh ketua oposisi, Juan Guaido, digelar lebih awal.
 
Oposisi pernah memenangkan suara mayoritas di Majelis Nasional pada 2015. Pemilihan kongres berikutnya dijadwalkan Maduro akan digelar tahun depan.
 
"Kami akan melegitimasi satu-satunya institusi yang belum dilegitimasi dalam lima tahun terakhir. Pemilihan kongres harus diadakan tahun depan," kata Maduro, dikutip dari AFP, Selasa 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan memilih siapa yang pantas duduk di Majelis Nasional dan kami mengedepankan pemilihan itu untuk digelar lebih awal," lanjut dia.
 
Namun, hingga Maduro mengeluarkan pengumuman ini, pihak oposisi maupun Guaido belum berkomentar. Status Guaido sebagai presiden sementara Venezuela kini juga masih diakui oleh negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat.
 
Krisis di Venezuela yang berkelanjutan kini dinilai semakin parah. Sebelumnya, Guaido sempat menuduh Maduro hendak membungkam Kongres.
 
Tuduhan dilayangkan Guaido usai pasukan keamanan menghalangi sejumlah tokoh oposisi yang hendak memasuki gedung Majelis Nasional Venezuela di Caracas, Selasa 14 Mei. Garda Nasional beserta kepolisian dan agen inteijen memblokade akses masuk masuk ke Majelis Nasional Venezuela.
 
Krisis ini pun berdampak pada warga Venezuela, terutama pada ekonomi mereka. Tercatat, tiga juta orang telah kabur dari Caracas. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), angka tersebut akan melonjak lebih banyak lagi menjadi lebih dari lima juta orang di akhir tahun 2019.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif