Mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg. (Foto: AFP/File / Ludovic MARIN)
Mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg. (Foto: AFP/File / Ludovic MARIN)

Michael Bloomberg Isyaratkan Maju dalam Pilpres AS

Internasional amerika serikat Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 09 November 2019 18:06
Alabama: Mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg mengisyaratkan dirinya akan maju dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat 2020 melalui nominasi Partai Demokrat.
 
Dikutip dari BBC, Sabtu 9 November 2019, miliarder itu telah menyerahkan sejumlah dokumen menjelang tenggat waktu pendaftaran pemilu primer Demokrat di Alabama.
 
Pemilu primer Demokrat adalah salah satu langkah penting untuk menjadi calon presiden yang dapat bersaing melawan petahana Donald Trump tahun depan. Sejauh ini, Bloomberg belum secara resmi mengonfirmasi keinginannya untuk maju dalam pilpres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun juru bicara Bloomberg, Jason Schechter, mengatakan kepada media AS bahwa pengumuman pencalonan diri "mungkin akan muncul pekan depan."
 
Bloomberg, pria 77 tahun, disebut-sebut mengaku khawatir dengan beberapa tokoh Demokrat saat ini yang dinilai kurang kuat untuk menumbangkan Trump di tahun 2020.
 
Jika sudah dikonfirmasi maju, maka Bloomberg akan bersaing dengan 16 kandidat lainnya untuk mendapatkan nominasi capres Demokrat. Saat ini tiga tokoh utama dalam nominasi Demokrat adalah mantan Presiden Joe Biden, Senator Bernie Sanders dan Elizabeth Warren.
 
Penasihat Bloomberg, Howard Wolfson, mengatakan pada Kamis kemarin bahwa atasannya itu bertekad ingin "memastikan agar Trump dapat dikalahkan" tahun depan.
 
"Tapi Mike khawatir para kandidat (Demokrat) saat ini kurang cocok untuk melakukan semua itu," sebut Wolfson.
 
Komentar Wolfson terucap usai berlangsungnya perdebatan selama berbulan-bulan di AS mengenai kesenjangan kekayaan di antara masyarakat. Sanders dan Warren telah mengumumkan rencana mereka untuk menaikkan pajak bagi miliarder.
 
Sanders bahkan pernah berkata bahwa "miliarder seharusnya tidak perlu ada" di dunia ini. Seorang miliarder, kekayaan Bloomberg diestimasi mencapai USD52 miliar atau setara Rp728 triliun.
 
Jumat kemarin, Presiden Trump mencibir Bloomberg dengan mengatakan bahwa, "saya ingin sekali melawan si kecil Michael." Bloomberg kemudian menyerahkan sejumlah dokumennya kepada Demokrat di hari yang sama.
 
Maret lalu, Bloomberg sempat menegaskan bahwa dirinya tidak akan maju dalam pilpres AS.
 
"Saya yakin mampu mengalahkan Donald Trump dalam pemilu. Tapi saya juga yakin mengenai sulitnya memenangkan nominasi Demokrat karena begitu banyaknya calon," tutur Bloomberg dalam sebuah kolom oponi di media miliknya sendiri.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif