Kerusakan akibat serangan udara di Kafranbel, Idlib, Suriah, 20 Mei 2019. (Foto: AFP/OMAR HAJ KADOUR)
Kerusakan akibat serangan udara di Kafranbel, Idlib, Suriah, 20 Mei 2019. (Foto: AFP/OMAR HAJ KADOUR)

AS Duga Suriah Lancarkan Serangan Kimia di Idlib

Internasional amerika serikat konflik suriah
Willy Haryono • 22 Mei 2019 08:08
Washington: Amerika Serikat mengatakan pemerintah Suriah mungkin telah melancarkan serangan kimia terbaru. Jika terbukti benar, maka AS mengancam akan melakukan tindakan balasan.
 
Kementerian Luar Negeri AS mengaku sedang memeriksa sejumlah indikasi mengenai penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah dalam operasi penyerangan di Idlib pada Minggu 19 Mei.
 
"Kami masih mengumpulkan informasi atas insiden ini. Namun kami kembali mengulang peringatan kami kepada rezim Assad jika mereka menggunakan senjata kimia. AS akan dan semua mitra kami akan merespons dengan cepat," ujar juru bicara Kemenlu AS Morgan Ortagus, dikutip dari laman AFP, Selasa 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ortagus juga mengecam Rusia, salah satu sekutu utama Suriah, atas "disinformasi" mengenai serangan kimia. AS menilai Rusia selama ini cenderung menyalahkan pihak lain selain Suriah jika terjadi serangan kimia.
 
"Kesalahan rezim Assad atas serangkaian serangan kimia mengerikan ini sudah tak terbantahkan lagi," tegas Ortagus, merujuk pada beberapa kejadian terdahulu.
 
Rusia dan Turki, dua mitra rezim Assad, mencapai perjanjian pada September lalu yang intinya melindungi area Idlib.
 
Namun bekas afiliasi grup al-Qaeda, Hayat Tahrir al-Sham, telah menguasai sebagian besar provinsi Idlib dan area sekitarnya. Hal tersebut membuat pemerintah Suriah melancarkan operasi penyerangan, termasuk serangan udara.
 
Ortagus mengatakan serangan di Idlib telah "menghancurkan beberapa fasilitas kesehatan, sekolah, perumahan dan kamp penampungan." "Serangan rezim terhadap masyarakat di Suriah wilayah barat laut harus dihentikan," tegas dia.
 
September tahun lalu, Presiden AS Donald Trump mengingatkan bahwa serangan terhadap zona aman di Idlib dapat meningkatkan ketegangan dan berpotensi merusak stabilitas kawasan.
 
Baca:Menhan AS: Suriah di Balik Serangan Senjata Kimia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif