Bendera AS dan Tiongkok berkibar berkibar di sebuah tiang lampu di Washington. (Foto: AFP/JEWEL SAMAD)
Bendera AS dan Tiongkok berkibar berkibar di sebuah tiang lampu di Washington. (Foto: AFP/JEWEL SAMAD)

AS Usir Dua Diplomat Tiongkok

Internasional as-tiongkok Perang dagang
Willy Haryono • 16 Desember 2019 10:06
Washington: Amerika Serikat diam-diam telah mengusir dua diplomat Tiongkok dari kedutaan besar mereka di Washington pada September lalu. Menurut laporan surat kabar The New York Times, keduanya diusir karena berusaha memasuki sebuah pangkalan militer AS di Virginia.
 
Mengutip beberapa sumber, The New York Times menyebut bahwa pengusiran tersebut diyakini sebagai kali pertama dilakukan AS terhadap diplomat Tiongkok dalam 30 tahun terakhir.
 
Masih dalam laporan media tersebut, dikutip dari AFP, Senin 16 Desember 2019, satu dari dua warga Tiongkok yang diusir itu diyakini sebagai agen intelijen berkedok diplomat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Insiden pengusiran terjadi saat AS dan Tiongkok -- dua perekonomian terbesar di dunia -- tengah terlibat perang tarif dagang. Kedua negara telah mengumumkan 'perjanjian mini' pada Jumat kemarin untuk menurunkan beberapa tarif.
 
The New York Times mengatakan kedua diplomat itu, yang ditemani istri mereka masing-masing, mengemudi menuju sebuah pintu masuk pangkalan militer AS di dekat Norfolk, Virginia.
 
Karena tidak memiliki izin masuk, kedua diplomat itu diminta petugas untuk berputar arah dan pergi meninggalkan pangkalan militer. Namun keduanya terus masuk ke arah pangkalan sebelum akhirnya berhasil dihentikan truk pemadam kebakaran.
 
Saat dihentikan, kedua diplomat Tiongkok itu mengaku tidak mengerti instruksi petugas yang meminta mereka untuk pergi. Pihak pangkalan militer mencurigai keduanya berbohong.
 
Hingga saat ini, motif inkursi kedua diplomat tersebut belum diketahui secara pasti. Namun sejumlah pejabat AS meyakini keduanya kala itu sedang menguji coba prosedur pengamanan pangkalan militer Virginia.
 
"Keduanya telah diusir pada musim gugur tahun ini," tulis artikel The New York Times. AS dan Tiongkok sama-sama tidak mengungkapkan insiden ini ke publik. Beijing juga tidak merespons langkah AS dengan pengusiran serupa.
 
Kementerian Luar Negeri AS belum bersedia berkomentar mengenai dugaan pengusiran, begitu juga dengan Kedubes Tiongkok di AS.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif