Pesawat C-130 Hercules. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)
Pesawat C-130 Hercules. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)

Pesawat Chile Hilang dalam Penerbangan ke Antarktika

Internasional kecelakaan pesawat chile
Willy Haryono • 10 Desember 2019 10:48
Santiago: Sebuah pesawat militer Chile yang membawa 38 orang dinyatakan hilang usai lepas landas dari wilayah selatan menuju salah satu pangkalan di Antarktika, Senin 9 Desember.
 
"Pesawat C-130 Hercules lepas landas pukul 16.55 dari kota Punta Arenas menuju pangkalan President Eduardo Frei Antarctic Base. Ada 38 orang di pesawat tersebut," ungkap pernyataan resmi Angkatan Udara Chile, dikutip dari AFP, Selasa 10 Desember 2019.
 
Masih dari pernyataan AU Chile, dari 17 dari total 38 orang di pesawat merupakan kru, sementara sisanya penumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Status waspada telah dideklarasikan usai menara pengawas kehilangan komunikasi dengan pesawat tersebut. Sebuah tim pencari dan penyelamat telah diaktifkan dan siap beroperasi.
 
Menurut laporan militer Chile, pesawat itu sedang menjalankan misi dukungan logistik untuk operasi perawatan di sejumlah fasilitas milik negara di Antarktika.
 
Kecelakaan pesawat militer terjadi dari waktu ke waktu di banyak negara. September lalu, Sebuah pesawat jet tempur Mig-29 buatan Soviet jatuh dalam sesi latihan di Slovakia.
 
Menurut keterangan Kementerian Pertahanann Slovakia, sang pilot berhasil melontarkan diri saat pesawatnya menukik tajam dekat kota Nitra, sekitar 100 kilometer dari Brataslava.
 
Satu bulan setelahnya, sebuah pesawat jet tempur F-16 milik Amerika Serikat jatuh di dekat kota Trier, Jerman. Sesaat sebelum jatuh menghantam tanah, pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif